KOLINLAMIL IKUTI RAKOR RENTINKON TAHUN 2022 KOTAMAOPS TNI

oleh -101 views

 

Jakarta, 19 Maret 2021,Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti Rapat Koordinasi Rencana Tindakan Kontijensi Tahun 2022 Komando Utama Operasi TNI (Rakos Rentinkon Tahun 2022 Kotamaops TNI) yang berlangsung di Batam, Kamis (18/3).

Bupati Pesawaran

Kolinlamil yang diwakili Asisten Operasi (Asops) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar menghadiri rapat koordinasi yang mengusung tema “Kotama Ops TNI Siap Mengatasi dan Merespon Setiap Kemungkinan Yang Dianalisa Akan Terjadi di Wilayahnya Secara Cepat, Tepat, Efektif dan Efisien”.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan Asops Panglima TNI yang disampaikan oleh Wasops Panglima TNI Marsekal Pertama TNI Kusono lalu sambutan Pangdam I Bukit Barisan, foto bersama dan diskusi.

Dalam sambutannya Waasops Panglima TNI mengatakan, “Mencermati berbagai ancaman dan keamanan yang mempengaruhi dinamika lingkungan strategis, maka TNI sebagai komponen utama negara dituntut untuk mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan baik,” tuturnya.

“Untuk itu TNI harus memiliki rencana strategis sebagai salah satu wujud kesiapsiagaan TNI yang harus disiapkan sejak dini, untuk mengantisipasi ancaman bersenjata maupun non militer,” tambahnya.

Rentinkon Kotama TNI sebagai salah satu dokumen strategis jangka pendek Pangkotama yang berisi tentang rencana penggunaan kekuatan unsur-unsur Kotama TNI untuk menghadapi kontijensi wilayah tanggungjawabnya, serta dapat melibatkan dan mengintegrasikan kekuatan lain yang ada diwilayahnya.
Dalam rentikon Kotama Ops TNI, Kolinlamil ikut dalam rencana pelibatan unsur-unsur Kolinlamil dalam mendukung berbagai Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

728×90 Leaderbord

Sesuai dengan fungsi dan tugasnya, Kolinlamil melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia.
Kegiatan lintas laut oleh unsur-unsur Kolinlamil maupun unsur-unsur yang di-Bawah Kendali Operasi (BKO) Kolinlamil dapat pada saat damai maupun masa perang. Pergeseran pasukan maupun logistik dapat dilakukan dari suatu Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Umum, Pantai ke Pangkalan Angkatan Laut atau ke Pelabuhan Umum dan pantai lainnya.
“Kolinlamil memiliki Kapal/KRI dari berbagai jenis, antara lain: Angkut Tank (AT), Bantu Umum (BU), Bantu Angkut Personel (BAP) dan jenis Landing Platform Dock (LPD) untuk mendukung berbagai operasi sesuai dengan perintah Panglima TNI” jelas Asops Pangkolinlamil.

Senada dengan hal tersebut, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla menegaskan Kolinlamil mempunyai tugas pokok membina kemampuan sistem angkutan laut militer, membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, melaksanakan angkutan laut yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis serta melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional.(Dispen kolinlamil).