KOLINLAMIL SEBAGAI PEMBINA TUNGGAL ANGKUTAN MILITER TNI, KRI 592 ANGKUT PASUKAN KALAJENGKING SAKTI MENUJU PAPUA

oleh -138 views

Jakarta, 31 Oktober 2021, Satya Wira Jala Dharma. Sebanyak 450 personel dari Batalion Infanteri 126 Kala Cakti Kodam I Bukit Barisan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dikirim ke Papua menggunakan KRI Banjarmasin-592 milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Pengiriman batalion berjuluk “Kalajengking Sakti” ini dilepas melalui upacara militer yang dipimpin Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanudin. Saat ini pasukan Kala Cakti melaksanakan embarkasi di Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, beberapa saat yang lalu.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengatakan, kapal perang jajaran Kolinlamil siap mendukung operasi dalam rangka menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia (NKRI).

“Saat ini kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta, 2 Surabaya dan 3 Makassar siap dalam mendukung pelaksanaan operasi dukungan angkutan laut militer ke seluruh wilayah NKRI, baik di wilayah barat, tengah maupun timur sesuai perintah operasi,” ujar Laksda TNI Erwin S Aldedharma.

KRI Banjarmasin-592 yang merupakan kapal perang jenis Landing Platform Docking (LPD) dengan Komandan Letkol Laut (P) Bambang Purnomo tersebut akan menurunkan pasukan yang bertugas dalam pengamanan perbatasan di Papua melalui Dermaga Timika.

Letkol Laut (P) Bambang Purnomo mengatakan kapal dan seluruh anak buah kapal yang dipimpinnya itu dalam kondisi siap.

Sehingga pada penugasan mendukung Satgas Pamtas Papua Batalion TNI AD ini diharapkan dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

“Selain menurunkan pasukan di daerah operasi yang telah ditentukan, kapal perang tersebut juga akan menarik pasukan Satgas sebelumnya yang telah bertugas selama 10 bulan untuk kembali ke kesatuan asal,” katanya.

Sesuai Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, salah satu tugas Kolinlamil adalah pembina tunggal angkutan laut militer TNI. Oleh karena itu Kolinlamil siap mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah NKRI yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material, dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.