KOLINLAMIL SIAP SUKSESKAN LATIHAN GABUNGAN TNI TAHUN 2023

Nasional481 Dilihat

 

Berita Kolinlamil TNI AL, 25 Mei 2023 ——- Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. menerima kunjungan kerja Inspektur Jenderal TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (25/5). Kedatangan Patibintang tiga di Kolinlamil tersebut dalam rangka Audit Kinerja Inspektorat Jenderal TNI Periode II tahun 2023 ke satuan-satuan TNI khususnya Kotama Ops, yang salah satunya adalah Kolinlamil sekaligus menerima laporan kesiapan Kolinlamil dalam mendukung latihan gabungan TNI tahun 2023 yang disampaikan oleh Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun.

Pada kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil mengucapkan selamat datang kepada Irjen TNI beserta jajarannya di Kolinlamil dan memperkenalkan para Pejabat Utama yang berada di lingkungan Kolinlamil pada saat ini. Dalam sambutannya, Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa Kolinlamil sebagai Kotama pembinaan dan operasi telah menyiapkan alutsista berikut prajuritnya yang akan terlibat dalam latihan gabungan TNI tahun 2023.

Kolinlamil pun telah melakukan koordinasi melekat ke Staf Operasi Mabesal dan Staf Operasi Mabes TNI terkait pelibatan kapal perang jajaran Kolinlamil dalam latihan gabungan TNI dihadapkan pada pelaksanaan operasi yang digelar oleh Mabes TNI dalam hal ini dukungan angkutan laut militer pergeseran pasukan dan materiilnya. Secara umum unsur KRI jajaran Kolinlamil dalam keadaan siap operasi, demikian pula prajurit pengawaknya. Hal tersebut merupakan wujud dari tindak lanjut penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, yaitu meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.

Irjen TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Itjen TNI masih melaksanakan audit kinerja UO Mabes Angkatan dan Balakpus serta satuan TNI wilayah DKI-A dan DKI-B sampai dengan tanggal 31 Mei 2023. Audit kinerja yang dilakukan merupakan suatu kegiatan independen dan objektif dalam bentuk pemberian keyakinan yang dilakukan untuk memberi nilai tambah dan meningkatkan operasional sebuah organisasi. Dalam setiap kegiatan audit selaku penanggung jawab berusaha untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan audit untuk mengetahui progress pelaksanaan tugas dan fungsi dari satuan kerja, aspek dan kesiapan alutsista maupun sumber daya yang mengalaminya.

Menanggapi paparan tentang kesiapan alutsista Kolinlamil dalam mendukung Latgab TNI 2023, Irjen TNI mengungkapkan bahwa pada operasi gabungan TNI, Kolinlamil memiliki core business sebagai pelaksana operasi pendaratan administrasi, yaitu mengangkut pasukan TNI AD menuju daerah operasi dalam suatu kampanye militer. Oleh karena itu, Kolinlamil dituntut mampu menyediakan dukungan angkutan militer sehingga rangkaian operasi gabungan TNI dapat terselenggara dengan optimal. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *