KOLINLAMIL TUAN RUMAH LOMBA PESPARAWI TNI AL 2021

oleh -412 views

 

Jakarta, 24 November 2021,Satya Wira Jala Dharma. TNI AL menggelar Lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Wilayah Jakarta tahun 2021 secara virtual yang dilaksanakan di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (24/11). Lomba Pesparawi Tahun ini mengusung tema “Jiwa Kita Menanti-nantikan Tuhan, Dialah Penolong Kita dan Perisai Kita (Mazmur : 33-20)”.

Lomba Pesparawi tahun 2021 sama seperti tahun 2020 dilaksanakan secara virtual, dikarenakan dengan situasi Pandemi Covid-19, dengan menggunakan aplikasi zoom meeting di satuan masing-masing. Tiap-tiap peserta mengirimkan hasil video rekaman kepada panitia pelaksana, selanjutnya dinilai oleh dewan juri. Lagu yang dilombakan tahun ini meliputi lagu wajib Natal Saat Pandemi dan Lagu pilihan sebanyak lima lagu yang dipilih oleh peserta lomba.

Acara didahului dengan Doa Pembuka oleh Kasirohkat Subdisbinroh Disbintalal Letkol Laut (KH) Johnry Patitapon, dilanjutkan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan laporan kesiapan pelaksanaan Pesparawi oleh Ketua Panitia lomba Pesparawi TNI AL Wilayah Jakarta tahun 2021 Kolonel Laut (KH/W) Roslin Panjaitan yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Kolinlamil. Setelah itu sambutan Kasal secara virtual dan penyerahkan Piala Bergilir dari Kormar (Juara tahun 2020 lalu) kepada Ketua Panitia lomba Pesparawi TNI AL Wilayah Jakarta tahun 2021.

Peserta lomba Pesparawi tahun 2021 terdiri dari Kotama TNI AL Wilayah Jakarta antara lain Mabesal, Koarmada I, Kolinlamil, Kormar, Seskoal, Pushidrosal, Lantamal III Jakarta, dan RSAL Dr. Mintohardjo, yang seluruhnya merupakan prajurit, PNS TNI AL maupun anggota Jalasenastri yang beragama Kristen dan Katolik. Dengan dewan juri yang berasal dari Yayasan Musik Gereja Indonesia yaitu Delima Simamora, Ernest Maryanto dan Bambang Yuswo Hadi.

Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa Pesparawi merupakan salah satu bentuk pembinaan mental kerohanian umat Kristen dan Katolik yang mengedepankan seni tarik suara dalam rangka membina serta mendorong pengembangan budaya yang bernafaskan keagamaan.

Selain sebagai sebuah festival kerohanian, Pesparawi juga merupakan bentuk ucapan syukur dan pujian serta penyembahan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan Kasih-Nya selama Tahun 2021 yang telah lewat.

Lebih lanjut dikatakan Kasal, bahwa acara Pesparawi ini mengedepankan rasa persaudaraan yang utuh dan bukan kompetisi yang saling menjatuhkan. Setiap kata dari lagu-lagu pujian yang dinyanyikan hendaknya diresapi, dimaknai dan dijadikan sebagai tuntunan dalam berperilaku, hingga setiap kata dan tindakan prajurit selaras dengan nilai-nilai keprajuritan. Hal ini juga sebagai upaya dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, mandiri, dan tangguh.

Pada Lomba Pesparawi tahun 2021 sebagai Juara Pertama diraih oleh Tim Paduan Suara Seskoal, Juara kedua diraih oleh Tim Paduan Suara RSAL Dr. Mintohardjo dan Juara ketiga diraih oleh Tim Paduan Suara Korps Marinir, sedangkan Juara Harapan diraih Tim Paduan Suara Kolinlamil.

Masing-masing pemenang memperoleh Piala dan uang pembinaan. Selanjutnya pemberian hadiah kepada masing-masing juara secara berurutan dari juara 1 diserahkan oleh Wadan Pushidrosal, Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil, Wadan Puspomal serta penyerahan piala bergilir dari Wadan Puhidrosal kepada tim Paduan Suara Seskoal.

Hadir dalam kegiatan lomba tersebut Wadan Pushidrosal, Panglima Kolinlamil, Kaskolinlamil, Irkolinlamil, Wadan Puspomal, dua orang Perwira tinggi staf khusus Kasal, dan beberapa pejabat Kolinlamil lainnya serta perwakilan dari tiap-tiap peserta lomba Pesparawi.(Dispen kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.