KOMANDAN SATLINLAMIL 1 JAKARTA : PERTAHANKAN DAN JAGA IKON KOLINLAMIL SEBAGAI JAWARANYA OLAHRAGA DAYUNG TNI AL

oleh -141 views

 

Jakarta, 19 Maret 2021,Satya Wira Jala Dharma. Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi meninjau tim dayung Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di markasnya Danau Sunter, Jakarta Utara, Jumat (19/3).

Peninjauan ketua yanus dayung Kolinlamil ini dalam rangka memberikan motivasi kepada tim dayung, sekaligus melihat langsung kondisi para atlit dan sarana prasarana latihan yang digunakan.

Saat meninjau latihan, Mantan Komandan Lanal Cirebon ini menyampaikan arahannya kepada para atlit dayung Kolinlamil untuk selalu berlatih dengan semangat.

Prestasi yang selama ini melekat dayung sebagai ikon Kolinlamil harus menjadi motivasi bagi para atlit dalam menunjukan prestasinya dilingkup nasional maupun internasional.

“Tidak dipungkiri lagi, prestasi tim dayung Kolinlamil telah banyak menorehkan banyak prestasi sehingga harus diakui bahwa dayung ini merupakan salah satu andalan yanus olah raga air kebanggaan Kolinlamil dan TNI Angkatan Laut” ujar Komandan Satlinlamil 1 Jakarta.

Dikatakan pula prestasi tim dayung Kolinlamil hendaknya menjadi cambuk bagi para atlit untuk tetap berlatih, meningkatkan teknik serta kemampuan guna menjaga nama baik serta melestarikan marwah Kolinlamil sebagai jawaranya dayung.

728×90 Leaderbord

“Para prajurit yang tergabung dalam tim dayung adalah orang-orang terpilih dan dipilih untuk mempertahankan ikon yg disandang oleh Kolinlamil selama ini dibidang olah raga perairan, kita harus bangga dan saya berharap kebanggaan itu dijadikan motivasi serta sumber energi untuk mempertahankan dan menorehkan prestasi-prestasi selanjutnya” tandasnya.

Meskipun pada masa pandemi ini ada keterbatasan dengan aturan dan protokol kesehatan yang mesti diikuti, hal tersebut bukanlah kendala untuk tetap berlatih.

Komandan Satlinlamil 1 Jakarta mengharapkan agar segenap atlet meningkatkan kemampuan dayung melalui olah raga yang mengandung beban tumpuan pada lengan tangan, agar dapat menambah stamina fisik dan kemampuan mendayung.

“Kenali medan latihan sebelum dilaksanakan pertandingan, dan laksanakan evaluasi selama kegiatan latihan agar ke depan dapat lebih berprestasi sesuai dengan yang diharapkan” katanya menegaskan.

Sejumlah prestasi telah diraih baik perorangan maupun Kelompok/Tim pada event kejuaraan olah raga dayung yang diselenggarakan di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Tim dayung Kolinlamil meraih 2 emas dan 1 perak dalam kejuaraan Internasional Dragon Boat Festival 2017 di Pantai Kedonganan Jimbaran Bali, medali emas dalam kejuaraan senior di Pekan Baru tahun 2010.

Prestasi gemilang pada Sea Games 2011, dengan Indonesia sebagai tuan rumah berhasil merebut tiga medali perak dan satu perunggu. Dalam Lomba Dayung tingkat internasional Tanjung Pinang Dragon Boat Race tahun 2012, yang digelar di perairan laut Tanjung Pinang, team berhasil menyabet dua medali emas.

Tahun 2017 tim dayung Kolinlamil juga berhasil mengumpulkan emas dan perak dalam kejuaran HUT Kota Bekasi, dan pada Mei 2017 berhasil pula membawa pulang 2 emas dan 1 perak dalam kejuaran di Bali.

Ditahun 2018 tim dayung Kolinlamil berhasil menjuarai nomor 800 meter antar satuan dalam kejuaraan Internasional Dragon Boat Festival 2018.

Dan pada tahun 2019 Tim Dayung Satlinlamil Surabaya mendapatkan hasil Juara 3 pada pada nomor Perahu Karet 250 meter Open setelah Podsi Jatim dan Puspomal B pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung Dragon Boat Festival Bupati Cup 2019 di Teluk Love, Payangan Jember Jawa Timur.