KOMANDAN SESKOAL MENGIKUTI UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2021 DAN MENERIMA PENGHARGAAN ZONA INTEGRITAS DARI KASAL

oleh -271 views

 

Jakarta, 15 Januari 2021, Hari Dharma Samudera merupakan hari yang dirayakan oleh TNI Angkatan Laut setiap tahunnya dalam rangka mengenang Jasa Pahlawan yang gugur dalam pertempuran Laut Arafuru pada tanggal 15 januari 1962. Pelaksanaan Upacara hari Dharma Samudera Tahun ini dilaksanakan Secara Sederhana diatas geladak KRI Dewaruci pada Hari Jumat 15 Januari 2021 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara. dengan Inspektur Upacara yaitu Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan diikuti Oleh Perwakilan Pejabat Teras TNI Angkatan Laut, Jalasenastri dan Perwakilan Personil TNI Angkatan laut.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto turut hadir dalam pelaksanaan Upacara tersebut dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19, rangakain Upacara yang terlaksana diantara lainnya adalah, Laporan Komandan Upacara, pembacaan Sejarah Singkat Pertempuran laut Arafuru, Penghormatan kepada para Pahlawan , Amanat dan tabur Bunga. Di dalam Amanat Kasal Menyampaikan Hari Dharma Samudera Kali Ini Pada Hakekatnya Merupakan Refleksi Penghargaan Yang Tinggi Kepada Seluruh Pahlawan Samudera Nusantara Yang Telah Mengorbankan Jiwa Dan Raga Guna Merebut Dan Mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Dharma Samudera Kali Ini Sedianya Akan Dilaksanakan Secara Terpusat Di Kepulauan Natuna. Namun Dengan Adanya Musibah Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air Sj-182 Di Perairan Kepulauan Seribu, Maka Kasal Memutuskan Untuk Merubah Pelaksanaan Upacara Secara Sederhana Di Dermaga Kolinlamil Jakarta. Perubahan Tersebut Merupakan Wujud Empati Kita Bersama Dalam Rangka Memfokuskan Kekuatan Alutsista Dan Personel TNI Angkatan Laut Untuk Mendukung Operasi Pencarian Dan Pengangkatan Pesawat Sriwijaya Air Sj-182.

Selesai Pelaksanaan Upacara Kasal Beserta Rombongan Melaksanakan kegiatan Pemberiaan Penghargaan Kepada Satuan Kerja yang berhasil meraih Predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang sebelumnya sudah diberikan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RI), Kelima Satuan Kerja yang mendapatkan Penghargaan dari Kasal diantara lain Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal), Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) dan Rumah Sakit Marinir (Rumkit) Marinir Cilandak.