Komandan STTAL Hadir Mengikuti : Pemberangkatan Ekspedisi Jala Citra I – 2021 ‘Aurora’ secara Virtual

oleh -146 views

 

TNI AL – STTAL Surabaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., hadir di Rupat Gd. Soewarso STTAL untuk mengikuti pelepasan/pemberangkatan ekspedisi Jala Citra I – 2021 ‘Aurora’ oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan disaksikan Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., para PJU Mabesal serta tamu undangan Kementerian Kelembagaan, Universitas serta para pejabat Pushidrosal di Dermaga Pondok Dayung Jakarta Utara, secara luring dengan protokol kesehatan, Selasa (3/8/2021)

Pada kegiatan pelepasan/pemberangkatan ekspedisi Jala Citra I – 2021 ‘Aurora’ ini dengan menggunakan KRI Spica (934) yang di ikuti para peneliti dari Pushidrosal, Kementerian lembaga terkait dan beberapa Universitas Nasional yang akan bekerja menggunakan alat survey dan pemetaan yang ada di KRI Spice (934).

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa pemberangkatan ekspedisi Jala Citra I – 2021 ‘Aurora’ ini pada hakekatnya bertujuan untuk mensosialisasikan peran TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Pushidrosal sebagai lembaga Hidrografi Nasional yang tergabung dalam organisasi Hidrografi Dunia. Ekspediai ini akan melaksanakan eksploitasi Sumber Daya Alam ,(SDA) serta pembaharuan data batimetri nasional di perairan Halmahera, khususnya dibagian laut dalam yang belum memiliki pemutakhiran data selama lebih dari 50 tahun, juga peran pendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, tentunya diperlukan integrasi, harmonisasi dan kerjasama antar lembaga negara dengan komponen bangsa lainnya. Secara spesifik penelitian yang dilakukan dibidang hidrografi ini bertujuan untuk menjamin keselamatan navigasi dilaut dibidang batimetri dan vitur bawah laut untuk menemukan adanya sumber daya hidrometermal/potensi sumber daya alam lainnya. Di bidang oseanografi untuk mengetahui karakteristik aliran transport masalah laut dan kondisi organisme laut serta dibidang metereologi maritim untuk mengetahui korelasinya terhadap fenomena cuaca musiman.

Ekspedisi Jala Citra I – 2021 ‘Aurora’ dilaksanakan oleh peneliti Putra Putri Indonesia, semoga menjadi momentum kemandirian tanpa keterlibatan pihak asing untuk mengeksplorasi berbagai data hasil penelitian yang sangat bermafaat bagi kepentingan militer dan pengembangan ilmu pengetahuan, penemuan biota laut, mineral yang terkandung di dasar laut.

Kegiatan ekspedisi Jala Citra I – 2021 ‘Aurora’ yang dilaksanakan dua etape ini, akan dirangkai dalam kegiatan seminar yang bertemakan “Mengungkap Sumber Kelautan di Wilayah Perairan Halmahera dan Papua dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”, dengan harapan dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya serta menjadikan ekspedisi ini sebagai momentum kebangkitan kembali ekspedisi kelautan oleh Putra Putri Indonesia.

Usai acara dilanjutkan Press Conference dan peninjauan peralatan hidrografi di dermaga Pondok Dayung Jakarta Utara.

Demikian berita bagian penerangan STTAL.

No More Posts Available.

No more pages to load.