Komandan STTAL Hadiri Peringatan HUT Ke-65 Penerbangan TNI Angkatan Laut.

oleh -137 views

 

TNI AL – STTAL Surabaya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pimpin pada upacara peringatan HUT Ke-65 Penerbangan TNI Angkatan Laut, Senin, 21 Juni 2021, bertempat di Appron D Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda Surabaya. Dalam kegiatan tersebut hadir Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., dan para pejabat TNI Angkatan Laut wilayah Surabaya. Bertindak selaku Komandan Upacara, Letkol Laut (P) Sahid Hamdani, S.H.

Peringatan HUT Ke-65 Penerbangan TNI Angkatan Laut tahun 2021 ini mengambil tema “Penerbangan TNI Angkatan Laut Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya”. Rangkaian upacara diisi dengan pembacaan sejarah singkat penerbangan TNI AL, penghormatan pasukan, menyanyikan lagu Mars Penerbangan, penghormatan lambang-lambang kesatuan Puspenerbal, mengheningkan cipta, pengucapan Sapta Marga, dan penganugerahan tanda jasa Bintang Jalasena, SL 24 Th, SL 16 Th dan SL 8 Th.

Acara dilanjutkan peresmian Skuadron Udara 100 dan Skudron Udara 700 dengan pengukuhan jabatan Komandan Skudron 100 dan Komandan Skuadron 700 ditandai penyematan tanda pangkat, tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando serta penandatanganan pakta integritas dan berita acara pelantikan.

Saat ini peran penerbangan Angkatan Laut sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) memiliki kelebihan pada aspek kecepatan dan manuver sehingga efektif sebagai patroli force, supporting force dan attacking force didukung dengan enam fungsi sebagai pengintai udara maritim, anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan logistik cepat dan penyelamatan laut dalam rangka penyelenggaraan operasi laut.

Puspenerbal terus berbenah untuk mengembangkan organisasi sesuai dengan tuntutan tugas yang diembannya. Ke depan Puspenerbal akan diperkuat penambahan Wing Udara 3 di wilayah Papua dan peningkatan organisasi pangkalan udara TNI Angkatan Laut dari kelas B menjadi kelas A yakni Lanudal Tanjungpinang dan Lanudal Biak, dalam upaya memenuhi kebutuhan fasilitas pangkalan untuk berlabuh atau home base bagi pesawat udara yang dibina oleh ketiga Wing Udara sesuai wilayah kerja masing-masing.

Sementara itu, STTAL dalam kaitannya dengan Puspenerbal adalah menyiapkan SDM para pengawak Pesawat udara yang memiliki kompetensi pada strata S1 di bidang Teknik Elektro, pada strata D3 di bidang Teknik Elektronika dan D3 Teknik Informatika. Beberapa karya penelitian mahasiswa terkait penerbangan adalah pengembangan pesawat nirawak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

 

No More Posts Available.

No more pages to load.