Komandan STTAL Hadiri Upacara Praspa Diktukpa LI dan Diktukapakat TNI AL TA. 2021

oleh -143 views

 

TNI AL-STTAL Surabaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Ospla., menghadiri Upacara Praspa Diktukpa LI dan Diktukpakat TNI AL TA 2021 serta Wisuda Purna Bakti 2021 di lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya. Jumat (29/10/2021).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M melantik dan mengambil sumpah 758 perwira muda yang terdiri dari 469 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-51 dan 289 perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA 2021 dalam upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya.

Usai Upacara Praspa, Kasal akan memimpin Upacara Wisuda Purna Bakti untuk melepas para prajurit TNI AL yang memasuki masa pensiun. Tradisi ini merupakan simbolisasi penyerahan tugas dan tanggung jawab kepada para perwira muda TNI AL. Prosesinya akan dilaksanakan diatas geladak Mokap KRI Teluk Langsa-501.

Perwira lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 terdiri dari 433 orang pria dan 36 orang anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal), sedangkan Perwira lulusan Diktukpakat terdiri dari 261 orang pria dan 29 anggota Kowal.

Sebelum mengikuti pendidikan dan pelantikan, mereka telah mengikuti proses perjuangan yang berat dan penuh tantangan. Diawali dengan proses seleksi yang sangat ketat dengan persaingan yang tinggi, kemudian setelah dinyatakan lulus mereka langsung digembleng di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) di Juanda, Sidoarjo untuk mengikuti pendidikan pembentukan. Selesai Diktuk, mereka masih harus melanjutkan pendidikan kejuruan di pusat pendidikan sesuai dengan korps masing-masing.

Dari jumlah perwira lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 yang dilantik tersebut, 100 orang merupakan Korps Pelaut, 76 orang Korps Teknik, 46 orang Korps Elektro, 93 orang Korps Suplai, 85 orang Korps Marinir, 27 orang Korps Kesehatan, 23 orang Korps Khusus, dan 19 orang Korps Polisi Militer. Sedangkan perwira lulusan Diktukpakat TNI AL TA 2021 terdiri dari, 80 orang merupakan Korps Pelaut, 58 orang Korps Teknik, 30 orang Korps Elektro, 25 orang Korps Suplai, 55 orang Korps Marinir, 5 orang Korps Kesehatan, 26 orang Korps Khusus, dan 11 orang Korps Polisi Militer.

Acara pengambilan sumpah perwira ini, merupakan prosesi sakral yang melambangkan hubungan vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, yang harus dipertanggungjawabkan secara moral sesuai agama masing-masing, dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara. Selain itu, sumpah perwira juga membawa konsekuensi berupa tuntutan untuk menunjukkan kinerja, meningkatkan profesionalisme, dan membangun kepribadian yang luhur, di mana seorang perwira harus senantiasa memegang teguh Kode Etik Perwira TNI yaitu Budi Bhakti Wira Utama.

Para perwira yang berasal dari Bintara reguler ini, sebelumnya telah menjalani upacara penutupan pendidikan di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal yang dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat. Dalam acara tersebut, selain penyerahan medali Jala Wira Adhiguna kepada lulusan terbaik, juga diserahkan ijazah kepada seluruh lulusan oleh Dankodiklatal. Medali Jala Wira Adhiguna, yang berarti perwira laut yang perkasa dan berguna, merupakan medali penghargaan bagi siswa lulusan terbaik yang diimpikan dan diperebutkan para siswa Diktukpa dan Diktupakat.

Adapun lulusan terbaik tiap tiap korps sebagai berikut, untuk Diktukpa Angkatan Ke-51 korps pelaut atas nama Siswa Diktukpa Sugianto, korps Teknik Siswa Diktukpa Agun Widyanto, korps Elektronika Siswa Diktukpa Teguhh setiono, korps Suplai Siswa Diktukpa Pulty Johaningsih, korps marinir Siswa Diktukpa Bahrul Ulum, korps Kesehatan Siswa Diktukpa Willy Deska, S.Kep, korps khusus Siswa Diktukpa Aryadi, korps Pomal Siswa Diktukpa Bagus Endar P.

Sedangkan lulusan terbaik tiap tiap korps untuk Diktukpakat TA 2021 adalah korps Pelaut atas nama Siswa Diktukpa Ahmad Sobli, korps Teknik Siswa Diktukpa Dwi Budianto, korps Elektronika Siswa Diktukpa Ahyudin Liomba, korps Suplai Siswa Diktukpa Ermi Wuryaningsih, korps marinir Siswa Diktukpa Bomflet Sirait, korps Kesehatan Siswa Diktukpa Nonky Husein, korps khusus Siswa Diktukpa Agus Suprianto, korps Pomal Siswa Diktukpa Fatkhur Rozak.

Usai pelantikan seluruh perwira muda ini selanjutnya akan ditempatkan di jajaran TNI AL di seluruh wilayah Indonesia, baik di kapal, satuan-satuan maupun pangkalan-pangkalan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman tugas secara lengkap dan variatif, agar ke depan mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi perwira TNI AL yang tangguh dan handal di setiap medan penugasan.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka Praspa ini, diantaranya pembekalan Corps Chief secara Vikon, pembekalan Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, pembekalan dari Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), penutupan Pendidikan yang dipimpin Dankodiklatal, pembekalan Aspotmar Kasal Mayjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto, pelatihan ketrampilan, pembekalan Ketua Umum Jalasenastri Ibu Vero Yudho Margono dan pembekalan dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,

No More Posts Available.

No more pages to load.