Komandan STTAL Mengikuti Seminar Internasional “100 Years of Internasional Cooperation in Hydrography”

oleh -96 views

 

TNI AL – STTAL Surabaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla., hadir di Rupat Gedung Soewarso STTAL mengikuti seminar internasional dalam rangka memperingati hari Hidrografi Dunia Tahun 2021 yang dibuka oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., di Auditorium Pushidrosal Jakarta secara Virtual dengan melaksanakan Prokes. Senin (18/10/2021)

Kegiatan seminar internasional ini mengusung Tema “One Hundred Years of International Cooperation in Hidrography” serta pemaparan hasil Ekspedisi Jala Citra 1 – 2021 ” AURORA” – Exploring Halmahera Sea, yang diselenggarakan Pushidrosal Jakarta, dengan Keynote Speaker yakni; Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan SecGen IHO Dr. Mathias Jonas tentang penayangan Video Expedition- AURORA.

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan dengan keberhasilan Ekspedisi Jala Citra I – 2021 “AURORA” ini, Bangsa Indonesia telah menunjukkan kepada dunia bahwa dengan kolaborasi antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pushidrosal bersama Kementerian , Kelembagaan, Akademisi dan Organisasi profesi terkait pada tingkat nasional, secara nyata mampu menyelenggarakan kegiatan riset dan penelitian kelautan secara mandiri.

Pelaksanaan ekspedisi Jala Citra I – 2021 “AURORA” ini juga bertepatan dengan momentum emas Hari Hidrografi Dunia yang Ke-100 pada tanggal 21 Juni 2021 yang mengambil Tema “One Hundred Years of International Cooperation in Hydrography” sejalan hal tersebut dengan tujuan dilaksanakannya ekspedisi Jala Citra I -2021 “AURORA” untuk mensosialisasikan dan mewujudkan peran TNI Angkatan Laut dalam mendukung Bangsa Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Sehingga hal ini dapat menjadi momentum kebangkitan kembali ekspedisi kelautan untuk mengeksplorasi sumber daya kelautan Indonesia oleh putra putri Bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Pada akhir sambutannya Kasal menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada tim penyusun atas kerja keras dan dedikasinya, sehingga dokumentasi Ekspedisi Jala Citra I – 2021 “AURORA” dapat diterbitkan dan ucapan terima kasih atas dukungan serta partisipasi semua pihak dalam menyiapkan dan melaksanakan ekspedisi ini termasuk Kementerian, Lembaga Negara, Universitas dan Organisasi profesi terkait yang terlibat, diharapkan kolaborasi dan kerjasama ini dapat diteruskan dan dikembangkan dalam kegiatan ekspedisi yang akan datang.

Pada pembahasan seminar internasional ini menghadirkan berbagai narasumber/pembicara antara lain; (1) Jamie McMichael-Phillips ( GEBCO Seabed 2030); (2) First Admiral Dr. Najhan bin Md Said, Deputy Director General of National Hydrographic Centre (NHC) of Malaysia; (3) Kepala PVMBG, Badan Geologi Kementerian-ESDM, Ir. Andriani M.T., ; (4) Dr. Nugroho Dwi Hananto, M.Si., (Plt. Direktur Pengelolaan Kapal Riset,BRIN); (5) Mr. Christopher Hunt, Head of Partnering and Engagement, United Kingdom Hidrographic Office (UKHO); (6) Kadarusman S.Pi., DEA, M.Sc., Ph.D ( Poltek KKP Sorong); (7) Triyono, S.Si, MT., DEA., M.Sc (KKP); dan (8) Adi Purwandana, S.Si., M.Si., Ph.D (LIPI); serta (9) Mr. Shigeru Nakabayasi, NAVAREA XI Coordinator, Japan Hydrographic and Oceanographic Department, Japan Coast Guard.

Pada kegaiatan seminar internasional tersebut dihadiri Kementerian, kelembagaan, PJU Mabesal, Pangkoarmada I, II, III, Komandan Seskoal serta Kepala Pusat Maritim TNI, Direktur Topografi Angkatan Darat, Kepala Dinas Pemotretan Udara Angkatan Udara dan Direktorat Polisi Air Baharkam Polri serta para pejabat Pushidrosal..

No More Posts Available.

No more pages to load.