Komisi Eropa telah meluncurkan dompet identitas digital baru Uni Eropa

oleh -201 views

Komisi Eropa telah meluncurkan dompet identitas digital baru Uni Eropa (UE). Seperti dilaporkan RT, Kamis (3/6/2021), dompet ini memungkinkan pengguna di 27 negara anggota blok Eropa untuk membuktikan identitasnya dan mengakses layanan melalui ponsel mereka.

“Sekitar 450 juta warga Uni Eropa akan dapat menggunakan layanan ini untuk mengajukan pengembalian pajak, membuka rekening bank, mendaftar di universitas dan menghubungkan identitas digital nasional mereka dengan SIM mereka,” kata para pejabat pada konferensi pers pada Kamis.

Bupati Pesawaran

Menurut Komisi, dompet digital ini tidak wajib, dan orang akan dapat memilih aspek identitas, data, dan sertifikat mana yang mereka bagikan dengan pihak ketiga.

Eksekutif UE telah meminta negara-negara anggota untuk menyiapkan sistem dan pedoman teknis yang mendasari skema tersebut pada September 2022, dan bagi mereka untuk segera memulai pekerjaan persiapan.

Terlepas dari jaminan keamanan skema Brussel, Anggota Parlemen Eropa asal Rumania, Cristian Terhes telah menyuarakan penentangan terhadap rencana tersebut.

Berbicara kepada surat kabar Express, Terhes memperingatkan bahwa dompet identitas digital di seluruh blok adalah tanda UE berubah menjadi “kamp konsentrasi besar yang dijalankan oleh eurocrats” menggunakan “sistem gaya terpusat Big Brother.”

Terhes juga mengingatkan kekhawatiran keamanan, termasuk bahwa sistem dapat ditembus. “UE ingin ‘mengurus’ kata sandi, ID, kartu kredit, dan data keuangan dan pribadi kami lainnya,” sindirnya.

Margrethe Vestager, pimpinan Komisi untuk teknologi digital, mengatakan skema itu “aman dan transparan.”

“Warga Uni Eropa tidak hanya mengharapkan tingkat keamanan yang tinggi tetapi juga kenyamanan,” kata kepala industri Komisi, Thierry Breton.

Uni Eropa menyatakan dompet identitas digital dapat menghasilkan pendapatan tambahan sebanyak US$ 11,7 miliar (Rp 166 triliun) ke blok tersebut dan menghasilkan hingga 27.000 pekerjaan baru selama lima tahun.

No More Posts Available.

No more pages to load.