Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dituntut berpikir kreatif menyemarakkan eforia penyelenggaraan Olimpiade Tokyo di masa pandemi Covid-19 ini agar gaungnya sampai ke Tanah Air

oleh -402 views

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dituntut berpikir kreatif menyemarakkan eforia penyelenggaraan Olimpiade Tokyo di masa pandemi Covid-19 ini agar gaungnya sampai ke Tanah Air. Diantaranya menyiapkan duta (ambassador) Merah Putih hingga menggandeng influencer serta key opinion leader (KOL) untuk mendukung perjuangan Indonesia di Olimpiade 2020 Tokyo, 23 Juli-8 Agustus.

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari menjelaskan cara tersebut diambil agar kepentingan Merah Putih bisa terdistribusi secara masif dan dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Indonesia berencana menyampaikan banyak misi di Olimpiade Tokyo, mulai perjuangan atlet di Olimpiade hingga kesiapan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Bupati Pesawaran

“Kami tidak mau berjuang sendirian. Kami akan libatkan semua pihak untuk peduli dan terlibat langsung membantu perjuangan atlet Indonesia dan kepentingan-kepentingan Indonesia,” kata Okto, sapaan karibnya dalam keterangannya pada Senin (19/4/2021).

Olimpiade Tokyo akan menjadi pesta olahraga yang berbeda dari biasanya. Sebab, penyelenggaraan edisi ke-32 ini diadakan dengan format luar biasa (extraordinary) menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru pada masa Covid-19.

Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo (Tocog) juga sudah menetapkan regulasi superketat, di antaranya tidak mengizinkan penonton luar negeri datang menyaksikan Olimpiade Tokyo. Untuk itu, kata Okto, duta Merah Putih, influencer serta KOL ini yang akan menjadi mata bagi masyarakat Indonesia di Negeri Sakura.

“Tugas duta Merah Putih membangun komunikasi. Dia menyampaikan kepentingan Indonesia agar dapat lebih diketahui secara masif lagi oleh masyarakat di Tanah Air, misalnya menyebarkan kabar tentang Tim Indonesia. Mereka menjadi mata masyarakat Indonesia di Olimpiade” ujarnya.

Lantas apa saja kriteria yang ditetapkan KOI atau NOC Indonesia untuk menunjuk duta Merah Putih?

728×90 Leaderbord

“Pertama harus suka dan memiliki concern terhadap olahraga. Selanjutnya, mereka yang terlibat juga harus memiliki followers yang banyak di media sosial agar pesan perjuangan atlet-atlet Indonesia ini sampai ke seluruh masyarakat yang berada di Tanah Air,” ujar Okto.

Ia menjelaskan, KOI sudah mengantongi beberapa nama yang pantas menjadi kandidat duta Merah Putih, influencer hingga KOL yang akan diajak bekerja sama. Saat ini, NOC Indonesia sudah memasuki tahap seleksi dan akan diumumkan menjelang keberangkatan Kontingen Indonesia.

“Mungkin kami umumkan sekitar akhir Mei atau awal Juni,” tutup Okto.