KPAI ; Vaksin Juga Merupakan Hak Anak, Yang Dijamin UU.

oleh -103 views

Dnewsradio.com || Jakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI, Sitti Hikmawatty Komisioner bidang Kesehatan Dan NAPZA Mengucapkan Selamat Merayakan Pekan Vaksinasi Dunia Ke 7, ( 23 – 30 April 2019).

Dirinya Mengapresiasi Kerjasama Semua Pihak dan Stekholder yang telah Mensukseskan Pelaksanaan Vaksinasi untuk Kepentingan Kesehatan Anak -anak Di Dunia, Selasa (23/04/19).

” Kerjasama lintas negara dalam pemberian vaksin memberikan keamanan kekebalan komunitas yang lebih besar guna menjamin kesehatan anak yang optimal dalam menghalau berbagai jenis penyakit tertentu yang bisa di cegah ” Ungkap Hikmawatty.

Beragam jenis Vaksin Yang Umum diketahui Diberikan pada Anak-anak, Karena Manfaat Vaksin Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh, juga Dapat Mencegah penularan Penyakit.

Jenis Jenis Vaksin yang Secara Umum di Kenal Diantaranya ;

– Vaksin Hepatitis B untuk mencegah virus Hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati serta menyebabkan kanker hati.

– Vaksin Hepatitis A untuk mencegah radang hati karena virus hepatitis A.

728×90 Leaderbord

– Vaksin Polio untuk mencegah serangan virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

– Vaksin BCG untuk mencegah tuberkulosis paru, kelenjar, tulang dan radang otak yang bisa menimbulkan kematian atau kecacatan.

– Vaksin DPT untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis dan Tetanus. Penyakit Difteri dapat menyebabkan pembengkakan dan sumbatan jalan napas, serta mengeluarkan racun yang dapat melumpuhkan otot jantung.Penyakit Pertusis dapat menyebabkan infeksi saluran napas berat. Kuman Tetanus mengeluarkan racun yang menyerang saraf pada otot, sehingga otot menjadi kaku, sulit bergerak dan bernapas.

– Vaksin Campak untuk mencegah penyakit campak yang dapat mengakibatkan radang paru berat (pneumonia), diare atau menyerang otak.

– Vaksin Hib dan Pneumokokus (PCV) dapat mencegah infeksi saluran napas berat (pneumonia) dan radang otak (meningitis).

– Vaksin influenza dapat mencegah influenza berat.

– Vaksin Tifoid dapat mencegah penyakit demam tifoid berat.

– Vaksin MR dapat mencegah penyakit Morbili (campak) dan Rubela (campak Jerman).

– Vaksin cacar air (varisela) untuk mencegah penyakit cacar air, dll.

Hikmawatty, Juga Menjelaskan Vaksinasi adalah Hak anak, Penggunaan Vaksin adalah Hal yang Legal dan dijamin Oleh Undang-undang.

” Vaksinasi adalah hak anak yang dijamin Undang-undang, berikan vaksinasi pada anak secara lengkap untuk optimalisasi tumbuh kembang mereka ” Pungkasnya.

(SPN)