KRI BANJARMASIN 592 ANGKUT PASUKAN SETAN DAN PASUKAN MACAN KUMBANG MENUJU PAPUA

oleh -178 views

 

JAKARTA, 29 Mei 2021, Satya Wira Jala Dharma. KRI Banjarmasin 592 yang mendukung pergeseran pasukan Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Papua, singgah di Surabaya untuk embarkasi personel dari Bataliyon Infanteri Mekanis 521/Dadaha Yudha Kodam V Brawijaya, Jumat (28/5).

Sebelumnya, Senin (24/5) dari Dermaga Kolinlamil, Kapal perang unsur Kolinlamil ini mengangkut 400 prajurit “Pasukan Setan” Yonif 315 Garuda Kodam III Siliwangi.

Keberangkatan pasukan Yonif Mekanis 521/DY menuju Papua dipimpin langsung oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto yang didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam upacara yang digelar di Dermaga Madura, Koarmada II Surabaya.

Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim mengatakan, kapal perang yang dikomandaninya melaksanakan tugas operasi dukungan angkutan laut militer pergeseran pasukan dan material Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Papua dari Yonif 315 Garuda dan Yonif 521 Dadaha Yudha.

“KRI Banjarmasin 592 siap mendukung 2 batalion TNI AD yang julukannya Pasukan Setan dan Pasukan Macan Kumbang menuju Papua untuk mengamankan dan mendamaikan wilayah tersebut dari Kelompok Kriminal Bersenjata” ujar Komandan KRI.

Sementara itu saat melepas, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa tugas pengamanan adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh negara yangg memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI, guna menciptakan situasi kondusif, memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta mengatasi gangguan keamanan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dan senada dengan itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah menegaskan komitmennya untuk mendukung operasi pergeseran pasukan dan material logistik batalion TNI AD keseluruh wilayah NKRI dari rongrongan kelompok-kelompok bersenjata yang mengganggu kedaulatan negara.

“Sesuai dengan tugas pokok Kolinlamil dan Peraturan Presiden Nomor 66 tahun 2019, Kolinlamil memiliki tugas pokok sebagai Kotama Operasional (Kotamaops) untuk menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (0MP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP)“ tegas Panglima Kolinlamil dari Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Ikut hadir dalam pelepasan tersebut Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, Kaskogartap III/Sby Brigjen TNI (Mar) M. Sulchan, Dankodikopsla Laksma TNI OC Budi Susanto, serta pejabat utama lainnya. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.