KRI BKO Guspurla Koarmada II Laksanakan Gunery Exercise Di Perbatasan Ri-Malaysia

oleh -530 views

 

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 25 Februari 2021.Unsur-unsur gelar Koarmada II dibawah kendali operasi Gugus Tempur Laut Koarmada II menyelenggarakan latihan Peperangan Anti Kapal Permukaan yang dibalut dalam latihan penembakan (Gunery Exercise) di peraiaran perbatasan RI- Malaysia pada Rabu (24/02).

Gunery Exercise unsur BKO Guspurla dipimpin langsung Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo yang onboard di KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Danguspurla mengatakan unsur yang terlibat dalam gunery exercise kali ini adalah KRI GNR-332, KRI BDK-623, KRI HIU-634 dan KRI PRI-851 yang menggunakan berbagai jenis kaliber meriam dari masing-masing KRI dalam latihan tersebut.

“Tujuan dari penggunaan berbagai kaliber meriam ini untuk melatih profesionalitas prajurit guna mempertahankan kesiapsiagaan tempur unsur gelar yang berada di bawah Komando Guspurla Koarmada II, ” terang Laksma Rahmat Eko.

Lebih lanjut, dalam latihan penembakan kali ini tetap dalam koridor keamanan informasi, dimana Emission Control (EMCON) unsur-unsur diatur secara tepat dan dinamis, sehingga kerahasiaan data Signal Intelligence tetap terjaga dan sukses dalam penembakan.

Diterangkan oleh Laksma Rahmat Eko sasaran/kapal musuh yang disimulasikan (Killer Tomato) berhasil ditenggelamkan oleh Meriam kaliber 76mm Leonardo SRGM, Bofors 57mm, Bofors 40mm, kaliber 20mm dan 12,7mm.

728×90 Leaderbord

“ Kedepan latihan integrasi unsur gelar (Force Intregration Training) akan semakin ditingkatkan dan di evaluasi untuk mencapai keberhasilan operasi, ” harap Laksma Rahmat Eko mengakhiri keterangannya.

Ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharap latihan Gunery Exercise unsur-unsur yang sedang operasi Pamtas RI-Malaysia ini dapat menjadi nilai tambah berfikir dan bertindak dalam rangka menegakan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

(Pen2).