KRI Sultan Hasanuddin-366 Latihan Manuver Dengan Kapal Perang Unsur MTF Unifil

oleh -132 views

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 21 Maret 2021, KRI Sultan Hasanuddin-366 dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II, sebagai salah satu unsur yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL tahun 2019, kembali melaksanakan latihan manuver taktis atau Miscellenous Exercise (Miscex) 831 Advanced Maneuvering Exercise dengan unsur-unsur MTF UNIFIL dari negara lain di Area of Maritime Operation (AMO), perairan Mediterania, Lebanon, Jumat(19/3).

Bupati Pesawaran

Komandan KRI sekaligus Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL tahun 2019, Letkol Laut (P) Ludfy S.T., MMDS, menuturkan pada serial latihan kali ini KRI Sultan Hasanuddin -366 bertindak sebagai penanggung jawab pelatihan atau_Officer Conducting Exercise _(OCE). ” Latihan ini bertujuan untuk melatih prajurit khususnya tim anjungan dalam memecahkan persoalan manuver kapal, formasi serta menghitung halu dan waktu dalam menempati posisi, ” tuturnya disela latihan.

Ludfy juga mengatakan jika latihan diikuti 5 unsur MTF UNIFIL, yang terdiri dari KRI Sultan Hasanuddin -366, kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261, kapal perang Turki TCG Yildirim F 243, kapal perang Yunani HS Navarinon F 461, serta kapal perang Bangladesh BNS Sangram F 113.

“Kelimanya membentuk beberapa formasi antara lain formasi Line Abreast, formasi Echo, formasi Delta dan formasi Foxtrot yang diatur oleh FGS Magdeburg F 261 selaku penanggung jawab serial latihan/Officer Conducting Serial (OCS). Latihan ini juga dalam rangka farewell dengan kapal perang Turki TCG Yildirim F 243, yang telah selesai melaksanakan tugasnya sebagai salah satu unsur MTF UNIFIL, ” imbuh Ludfy.

Diakhir latihan yang memakan waktu sekitar 3 jam tesebut, seluruh kapal unsur-unsur MTF UNIFIL memberikan salam penghormatan dengan saling menyemprotkan air dari pompa hydrant.

Pada bagian lain Ludfy menambahkan jika latihan bersama Unsur MTF Unifil ini merupakan salah satu implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya di bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi serta mempunyai interoperabilitas tinggi.

728×90 Leaderbord