KRI TELUK HADING 538 TURUNKAN PRAJURIT YONMEK 413 BREMORO SIAP AMANKAN PERBATASAN

0 34

 

JAKARTA, 13 Juli 2020 ,Satya Wira Jala Dharma. KRI Teluk Hading 538 yang melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer, mendebarkasikan prajurit Batalion Infanteri Mekanis 413 Raider Bremoro di pelabuhan Dermaga Beaching Satrol Lantamal X Jayapura, Senin (13/7). Pasukan ini akan melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan wilayah timur.

Sesaat setelah sandar di pelabuhan Lantamal X, proses debarkasi langsung dilaksanakan. Komandan KRI Teluk Hading 538 Letkol Laut (P) Roni, memerintahkan prajuritnya untuk melaksanakan debarkasi personel dan materiil Satgas pasukan dari Kodam IV Diponegoro ini sesuai dengan protokol kesehatan.

Senada dengan Komandan KRI, Mayor Inf Anggun Wuryanto Komandan Yonif Mekanis 413 Bremoro turut memerintahkan prajuritnya untuk membantu proses debarkasi material satgas perbatasan ini.

Menurut Komandan KRI Letkol Laut (P) Roni selama melaksanakan lintas laut, tidak ada halangan, semua berjalan lancar. Cuaca sangat mendukung. Kemudian kondisi prajurit KRI maupun pasukan yang diangkut dalam keadaan baik dan sehat.

“Selama lintas laut tetap berpedoman protokol kesehatan, kondisi pasukan dalam keadaan prima, demikian pula dari aspek alam, cuaca sangat mendukung. Moril prajurit/pasukan selama dikapal tinggi sehingga menjadi motivasi untuk melaksanakan tugas,” ujar komandan KRI Teluk Hading yang alumni AAL tahun 2002 ini.

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. mengatakan sesuai amanat dari Pepres 66 tahun 2019, Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem Angkutan Laut militer, Kolinlamil memiliki tugas pokok melaksanakan pergeseran pasukan ke seluruh wilayah Nusantara.

Selain itu, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran pasukan, material dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

“Unsur-unsur Kolinlamil selalu siap untuk mendukung pergeseran pasukan dan logistik ke seluruh wilayah Indonesia dalam rangka operasi militer maupuan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Tugas pokok Kolinlamil mendukung operasi angkutan laut militer sesuai perintah Panglima TNI” jelas Panglima Kolinlamil.

KRI Teluk Hading 538 adalah salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut jenis LST yang aktif dalam melaksanakan tugas operasi Serpas di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. (Dispen Kolinlamil)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ