KRI TELUK LAMPUNG 540 DEBARKASI PASUKAN RAIDERS 400 USAI JAGA PERBATASAN RI – PNG

oleh -4.512 views

 

Jakarta, 23 Maret 2021,Satya Wira Jala Dharma. Dalam rangka mendukung Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI – Papua Nugini, Papua, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengerahkan beberapa Kapal perangnya.

Bupati Pesawaran

Salah satunya KRI Teluk Lampung 540 yang mengangkut personel dan material Batalion Infanteri Raider 400 Banteng Raiders, tiba di Dermaga Tanjung Mas, Semarang, Selasa (23/3).

Ratusan Prajurit Raider 400 ini sedang melaksanakan debarkasi dan mengantri untuk dicek suhu badannya serta penyemprotan disinfektan sesuai protokol kesehatan covid 19.

Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Sulton Maulana mengatakan, kapal perangnya yang mengangkut prajurit Batalion Infanteri Raider 400 Banteng Raiders siap kembali untuk menuju markasnya di Srondol, Semarang setelah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan selama 6 bulan di perbatasan Papua.

“KRI Teluk Lampung 540 saat ini sedang debarkasi personel dan material Yonif Raider 400 Banteng Raiders di Dermaga Tanjung Mas. Di Masa new normal ini kita tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kita tidak boleh lengah dengan suasana new normal ini,” Ujar Komandan KRI Teluk Lampung 540 Saat mengawasi proses debarkasi.

Dijelaskan, KRI Teluk Lampung 540 bertolak dari Dermaga Jayapura, menuju Semarang dan sempat singgah di Makassar. Kapal perang jenis Landing Ship Tank yang berada dibawah kendali Satlinlamil Surabaya ini lintas laut Jayapura – Jakarta selama 10 hari perjalanan.

728×90 Leaderbord

“Sesuai perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M. Tr Opsla agar selama melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer untuk tetap meningkatkan profesionalitas sebagai Prajurit matra laut,” Ungkap Edi sapaan akrab Komandan KRI Teluk Lampung 540.

“Sebagai Prajurit matra laut, harus selalu siap melaksanakan tugas operasi dukungan angkutan laut sesuai dengan tugas pokok Kolinlamil dalam Perpres 66 tahun 2019 sebagai Pembina tunggal angkutan laut militer TNI dengan tetap melaksanakan latihan selama pelayaran. Tanggap dan waspada dengan situasi yang sedang berkembang terutama ditengah mewabahnya covid-19 hampir diseluruh penjuru dunia, untuk tetap waspada bertugas melaksanakan sesuai protokol kesehatan,” ujar Panglima Kolinlamil.

Usai debarkasi pasukan Raider 400 Banteng Raiders, mereka langsung naik truk untuk bergeser ke markasnya di Srondol. Dan KRI Teluk Lampung 540 siap menunggu perintah untuk berlayar selanjutnya. (Dispen kolinlamil).