Kualifikasi Olimpiade Basket Putri 3×3 tinggal menghitung hari

oleh -571 views

Kualifikasi Olimpiade Basket Putri 3×3 tinggal menghitung hari. Ini karena ajang itu akan dilaksanakan pada 26-30 Mei di Graz, Austria. Timnas Basket Putri Indonesia 3×3 mulai sibuk memenuhi prosedur pemberangkatan FIBA. Mereka sudah menyiapkan diri agar mampu bersaing sejak 4 April lalu di GOR Cahaya Lestari Surabaya.

“Kami serius menyiapkan tim ini. Bahkan para pemain tidak berhenti latihan saat Lebaran. Mereka terus berlatih karena kita tidak punya waktu lagi untuk bersantai,” ungkap Manajer Timnas Basket Putri 3×3 Indonesia Christophe Tanuwidjaja ketika dihubungi pada Senin (17/5/2021).

Dijelaskan Christopher, para pemain memaklumi dengan kebijakan ini. Jika diterapkan libur dan para pemain keluar dari area latihan maka persiapan akan mengulang dari awal lagi. Mulai dari tes swab PCR kemudian dilanjutkan isolasi mandiri. Ini sebagaimana dilakukan saat awal berkumpul.

Hal itu hanya akan membuang waktu. Karena isolasi mandiri butuh waktu minimal lima hari. Sementara squad timnas sudah harus bertolak ke Austria pada 24 Mei nanti.

“Kini kami sudah mulai fokus pada pemberangkatan. Kami akan lakukan tes PCR pertama sebelum keberangkatan. Namun hanya untuk tiga orang yang belum divaksin seperti Gabriel Sophia, Lea Kahol, dan Dyah Lestari. Akan dilakukan sore ini untuk kemudian didaftarkan ke FIBA besok,” ungkap Christopher.

Sementara bagi gerbong Timnas Basket Putri 3×3 Indonesia yang sudah divaksin, besok mengumpulkan sertifikat vaksinnya. Dilengkapi juga tes antibodi. Untuk tes ini sudah dilakukan Sabtu kemarin.

“Semua sudah kita tes hasil antibodinya per hari Sabtu kemarin dan hasilnya bagus semua. Rencana berikutnya adalah tes PCR kedua sebelum keberangkatan dilakukan pada 22 Mei 2021. Tes kali ini untuk seluruh peserta baik yang sudah vaksin dan yang belum vaksin. Hasilnya akan diserahkan ke FIBA pada 23 Mei nanti,” terang Christopher.

Dijelaskan Christopher, semua ini dilakukan untuk kepentingan keberangkatan prosedur dari FIBA. Pada kualifikasi nanti, Timnas berada di Pul A bersama Prancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Uruguay. Menjelang keberangkatan, Dyah Lestari dan kawan-kawan akan bertolak ke Jakarta pada 23 Mei mendatang.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menjelaskan, sebelum berangkat ke Austria, Timnas Basket Putri 3×3 Indonesia akan bermalam di Jakarta. Mereka akan disambut PP Perbasi sebelum berjuang di Austria. Kemudian akan dilepas oleh Ketum dan Sekjen PP Perbasi.

“PP Perbasi akan melepas Timnas Basket Putri 3×3 Indonesia sebelum berjuang di Austria. Semoga ini menjadi penambah motivasi pemain dan menguatkan mental bertanding mereka saat di Austria nanti,” ujar Nirmala.

No More Posts Available.

No more pages to load.