Kualitas pertemanan seseorang sangat ditentukan dengan siapa mereka memilih menjalin hubungan pertemanan

oleh -402 views

Kualitas pertemanan seseorang sangat ditentukan dengan siapa mereka memilih menjalin hubungan pertemanan. Jadi, sangat penting sekali untuk selektif dalam memilih dengan siapa dirimu berteman. Sebab, bagaima pun sifat positif dalam dirimu bisa berubah menjadi negatif jika bergaul dengan orang-orang yang negatif.

Agar lebih selektif falam memilih teman, berikut adalah beberapa kepribadian toxic yang harus dijauhi dalam pertemanan. Yuk! Simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Manipulatif

Orang-orang dengan kepribadian ini sangat ahli dalam taktik manipulasi. Bisa jadi, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu telah dimanipulasi oleh seseorang, karena seseorang dengan kepribadian manipulatif sangat tahu apa kelemahan seseorang yang akan dimanfaatkannya.

Orang-orang seperti sangat beracun karena memiliki cara untuk merusak sistem kepercayaan dan harga dirimu. Mereka menemukan cara untuk membuatmu melakukan hal-hal yang tidak harus kamu lakukan. Dan sebelum menyadarinya, kamu kehilangan rasa identitas, prioritas pribadi, dan kemampuanmu dalam melihat realitas.

Narsistik

Orang-orang ini memiliki perasaan sangat mementingkan diri sendiri dan percaya bahwa dunia berpusat pada mereka. Mengapa mereka beracun, karena mereka hanya berfokus pada kebutuhan mereka sendiri dan mementingkan orang lain. Lebih jauh, mereka akan menghabiskan energimu dengan membuatmu fokus pada mereka, sehingga dirimu tidak akan memiliki waktu untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri.

Tidak Menghargai Orang Lain

728×90 Leaderbord

Orang-orang ini tidak dapat menghargai hal-hal positif dalam hidup orang lain dan akan selalu memberikan tanggapan sebaliknya atas pencapaian orang lain. Orang ini beracun, karena mereka menghilangkan kegembiraan dari orang lain. Pandangan hidup yang cerah terus dihancurkan oleh hal-hal negatif. Sebelum kamu menyadarinya, kenegatifan mereka menghabiskanmu sehingga dirimu tidak memiliki kesempatan untuk berbahagia.

Sinis

Orang seperti ini selalu melihat sesuatu dari perspektif yang buruk atau salah. Sehingga, jika mereka melihat orang lain menilai sesuatu secara positif, mereka akan melaukan sebaliknya yakni memberikan penilaian buruk bahkan kasar dan menganggap bahwa dirinyalah yang paling baik. Orang seperti ini beracun, karena sangat berpotensi membuat orang lain merasa terindimidasi dengan sikapnya.

Selalu Menjatuhkan

Setiap kali kamu memiliki ide, orang-orang seperti ini akan memberi tahumu mengapa bahwa kamu tidak akan dapat melakukannya. Bahkan, saat dirimu berhasil atas suatu pencapaian, mereka akan mencoba sebisa mungkin untuk menjatuhkanmu. Orang-orang ini beracun sebab bisa menggerogoti harga diri dan kepercayaan pada diri orang lain. Sehingga menyebabkan orang lain selalu pesimis dalam mencapai mimpi-mimpinya.

Sebenarnya, masih banyak lagi sifat beracun pada diri seseorang yang harus dijauhi, seperti selalu menghakimi, tidak pernah tulus, tidak menghormati orang lain dan selalu menyalahkan. Demikianlah beberapa sifat atau kepribadian beracun yang harus dihindari dalam pertemanan. Semoga bermanfaat.