Kuasai Materi Hukum Di Daerah Operasi, Personel Diskum Koarmada II Ikuti Latops Dukungan Hukum 2021

oleh -115 views

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 11 November 2021.Dipimpin langsung oleh Kadiskum Kolonel Laut (KH) Totok Sumarsono, S.H., M.H., M.Tr. Hanla., personel Dinas Hukum (Diskum) Koarmada II mengikuti Latihan Operasi Dukungan Hukum TA. 2021 pada Kamis (11/11).

Kegiatan Latihan Operasi Dukungan Hukum TA. 2021 kali ini mengambil tema “Satgas Dukungan Hukum Melaksanakan Operasi Dukungan Hukum Di Mandala Operasi Jawa Timur Dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kogab TNI” . Latihan telah dilaksanakan sejak tanggal 1 hingga 9 November 2021, di dua lokasi yakni Diskum Koarmada II dan Karang Pilang.

Disela kegiatan Kadiskum Koarmada II Kolonel Laut (KH) Totok Sumarsono mengatakan, “Tujuan latihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Operasi Dukungan Hukum bagi prajurit TNI Angkatan Laut pada pelaksanaan OMP dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut,” ungkapnya.

“Adapun sasaran Latihan ini agar personel Diskum menguasai dalam memberikan saran, pendapat hukum, bantuan hukum, penegakan hukum dalam pelaksanaan operasi gabungan. Diharapkan personel Diskum juga mahir dan menguasai dalam menentukan status perlakuan terhadap tawanan perang, pembuatan lampiran hukum, Role of Engagement (RoE), kartu saku dan penentuan target dalam pelaksanaan Operasi Gabungan dan mahir dan menguasai dalam pembuatan perjanjian-perjanjian yang muncul pada saat pelaksanaan Opsgab TNI”, lanjutnya.

Kolonel Totok menambahkan, “Dalam Latihan kali ini peserta dibekali beberapa materi diantaranya, Pembuatan Lampiran Hukum, Pembuatan Role of Engagement (RoE), Pembuatan Kartu Saku, Pembekalan Hukum, Saran Dan Pendapat Hukum, Bantuan Hukum, Penegakan Hukum, Menentukan Status Dan Cara Perlakuan Terhadap Tawanan Perang dan penentuan target serta dilibatkan dalam pembuatan perjanjian-perjanjian yang muncul pada saat pelaksanaan Opsgab TNI, ”pungkasnya.

Seluruh materi latihan ini dipraktekkan dalam pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) Ramalan Operasi yang dilaksanakan sejak Senin sampai dengan Selasa (8-9 November 2021) di Karang Pilang, Surabaya.

No More Posts Available.

No more pages to load.