Kulit merupakan organ terbesar dan terberat yang terdapat di tubuh kita

oleh -346 views

Kulit merupakan organ terbesar dan terberat yang terdapat di tubuh kita. Sangat mudah untuk melihat bagaimana kulit kita bekerja sepanjang waktu untuk kita. Sehingga, kita harus menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi wajah merupakan salah satu step dalam skincare yang terkadang kita lupakan karena mungkin belum banyak orang yang menyadari tentang pentingnya eksfoliasi wajah ini.

Dilansir dari awomanshealth.com, eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah dengan menggunakan scrub abrasif pada kulit secara kimiawi, ataupun menggunakan facial wash yang mengandung asam khusus sehingga dapat melarutkan dan mengangkat sel-sel kulit mati tanpa scrubbing.

Maka dari itu, terdapat 3 alasan penting melakukan eksfoliasi yang perlu kamu ketahui, loh. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Mencegah jerawat

Ahli Kecantikan dan Kulit Sonya Dakar, dikutip dari eccotique, mengungkapkan bahwa kulit mati akan menutup pori-pori, dan bersamaan dengan hal itu, kelenjar sebaceous akan menghasilkan minyak. Jika hal itu terjadi, maka jerawat akan muncul karena tidak ada tempat untuk minyak pergi.

Maka dari itu, eksfoliasi sangat penting untuk dilakukan secara rutin agar mencegah timbulnya jerawat.

2. Membantu produk skincare menembus kulit lebih dalam

Karena pori-pori tidak tersumbat dan permukaan kulit menjadi lebih halus karena sel-sel kulit mati dan kering sudah terangkat, maka produk perawatan kulit kamu akan bisa menembus lapisan kulit terdalammu.

Jika sesuatu yang memiliki manfaat untuk kulitmu, seperti serum dan pelembap dapat menembus lebih dalam, maka zat-zat dan manfaat penting dari produk tersebut tersebut akan bekerja lebih efektif.

3. Meratakan warna kulit

Orang-orang dengan dark spots, tekstur kasar, hiperpigmentasi, dan bekas jerawat pasti tahu betapa frustrasinya dalam merawat kulitnya.

Dengan cara eksfoliasi, maka kulit kering dan mati akan terpecah sekaligus akan menghaluskan tekstur kulit pula. Hal ini berarti akan membuat kulit tampak lebih seragam dan rata dari waktu ke waktu.

Kamu perlu rutin dalam melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi yang tepat adalah yang dilakukan secara rutin dan berkala, karena seiring bertambahnya usia, proses regenerasi sel akan melambat. Dalam hal ini, tubuh kita akan lebih lambat untuk melepaskan sel-sel kulit dan menghasilkan yang baru.

Sejalan dengan hal tersebut, sesuai dengan fungsi utamanya, eksfoliasi akan menghilangkan penghalang sel-sel kulit mati yang menyumbat kulit dan memunculkan sel-sel baru yang segar di bawahnya.

Ketika sel-sel kulit tua mulai menumpuk di permukaan kulit, itu bisa membuat kulit tampak kusam, kasar, dan kering. Selain itu, penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan minyak berlebih dan pori-pori tersumbat yang malah menimbulkan noda dan jerawat.

Singkatnya, jika kamu melakukan eksfoliasi secara teratur dan rutin, maka kulit kamu akan membuka jalan bagi produk skincare-mu untuk menembus kulitmu lebih dalam dan memberikan hasil yang efektif, dan membuat kulitmu terlihat lebih segar dan sehat.

No More Posts Available.

No more pages to load.