kulit pastel yang keras, tidak renyah dan bahkan sering sobek

0 44

Meski dianggap mudah untuk beberapa orang, namun membuat pastel tetap memiliki tantangannya sendiri bagi banyak orang, terutama mereka yang masih pemula memasak dan membuat kue.

Salah satu kesulitan yang sering dirasakan adalah kulit pastel yang keras, tidak renyah dan bahkan sering sobek. Ini sekian tips yang bisa dilakukan.

1. Menambahkan margarin dan telur

Ada beberapa resep ada yang tidak menggunakan telur dan margarin. Padahal fungsi telur dan margarin adalah melembutkan adonan dan membuatny renyah dan gurih. Jika memang tidak menggunakan telur, paling tidak gunakan margarin. Jika tidak menggunakan margarin, jangan lupakan telur.

2. Takaran yang tepat

Jika adonan terlalu keras karena kurang air atau kurang diuleni memang akan lebih keras, susah dibentuk bahkan mudah sobek. Namun jangan terlalu lama juga menguleni adonan agar tidak jadi keras.

3. Diamkan adonan lebih dulu

Setiap adonan pelru didiamkan agar set, dalam artian semua bahan menyatu, lebih lentur, mudah dibentuk dan lebih lembut. Beberapa orang suka mendiamkan adonan yang telah dibungkus plastik ke dalam kulkas dan beberapa lainnya cukup di suhu ruangan. Mau yang mana saja, akan lebih baik adonan tidak langsung digoreng.

4. Isian terlalu basah

Kealahan yang sering membuat kulit pastel sobek adalah isian yang terlalu basah dan banyak sehingga membuatnya mudah pecah atau sulit direkatkan. Jadi pastikan isiannya tidak lembek dan basah serta tidak terlalu penuh sehingga tidak bocor saat digoreng.

Itu dia sekian tips yang bisa dilakukan agar berhasil membuat kulit pastel yang lembut, renyah dan tidak mudah sobek.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ