Kunjungan Panglima TNI ke US INDOPACOM, napak tilas serangan Pearl Harbour.

Kunjungan Panglima TNI ke US INDOPACOM, napak tilas serangan Pearl Harbour.

INTERNATIONAL358 Dilihat

 

Jakarta,(Puspen TNI). Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Markas Komando Militer AS untuk wilayah Indo-Pasifik (USINDOPACOM), selain bertemu dengan Laksamana John Aquilino selaku pimpinan tertinggi militer AS di wilayah Indo-Pasifik juga membahas keamanan kawasan dan kerjasama di berbagai bidang diantaranya latihan Super Garuda Shields (SGS), bertempat di Aiea, Hawaii, pada Hari Jumat (23/6/2023)

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan singkat Panglima TNI setelah sebelumnya mengunjungi Washington DC untuk bertemu Chairman of the Joint Chiefs of Staff atau Ketua Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Mark A. Milley di Pentagon.

Dalam press rilisnya 25 Juni 2023,” Kunjungannya ke Markas Komando Militer AS untuk wilayah Indo-Pasifik (USINDOPACOM) diawali dengan penghormatan militer kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang didampingi oleh Laksamana John Aquilino yang dilanjutkan perkenalan para pejabat militer masing-masing negara.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Laksamana berdiskusi berbagai macam isu strategis dalam rangka memperkuat dan memodernisasi kemitraan strategis militer AS-Indonesia yang telah terjalin salah satunya peningkatan peluang kerjasama militer antara TNI dengan USINDOPACOM. Panglima TNI juga menegaskan kembali komitmennya untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera. Kedua pejabat tinggi militer Indonesia dan Amerika tersebut juga berdiskusi tentang perkembangan situasi keamanan di Laut Cina Selatan.

Selain itu, dibahas pula rencana latihan bersama Super Garuda Shield 2023, yang rencananya akan digelar pada akhir bulan Agustus mendatang. Latihan Super Garuda Shields merupakan salah satu kerjasama latihan militer yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas tempur prajurit TNI sebagai patriot NKRI namun juga membawa pesan untuk diplomasi militer dan meningkatkan rasa saling percaya serta pengertian diantara semua negara yang terlibat untuk mengatasi tantangan keamanan bersama serta mewujudkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut Panglima TNI juga melakukan napak tilas serangan Pearl Harbour dengan menggunakan kapal dan tabur bunga ke USS Arizona Memorial, kapal perang Amerika yang karam dalam serangan oleh Jepang pada perang dunia kedua.

Autentikasi:Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *