Kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur telah dibuka kembali setelah penutupan sementara selama satu bulan

Kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur telah dibuka kembali setelah penutupan sementara selama satu bulan

Daerah191 Dilihat

Kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur telah dibuka kembali setelah penutupan sementara selama satu bulan untuk melakukan pemulihan kawasan tersebut.

Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono mengungkapkan, kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih telah dibuka mulai akhir pekan ini.

Pada Sabtu (17/2/2024) yang merupakan hari libur akhir pekan, terdapat sekitar 400 wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi Taman Nasional Baluran, baik di Bekol maupun di sekitar savana hingga Pantai Bama. Sementara itu, pada Minggu (18/2/2024), jumlah wisatawan meningkat hampir dua kali lipatnya.

“Hari ini jumlah pengunjung cukup banyak, sekitar 700 wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah,” kata Joko Mulyono, dilansir dari Antara. 

Joko menyampaikan, tarif masuk ke Taman Nasional Baluran tetap sama seperti sebelumnya, yaitu Rp 16.000 per orang pada hari kerja dan Rp 18.500 per orang pada hari libur dan akhir pekan.

Sebelumnya, pengelola Taman Nasional Baluran Situbondo telah melakukan penutupan sementara kunjungan wisata selama satu bulan mulai 15 Januari hingga 15 Februari 2024 untuk melakukan pemulihan kawasan setelah masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penutupan sementara kunjungan wisata di kawasan tersebut tidak hanya untuk melakukan pemulihan kawasan, tetapi juga untuk mengevaluasi kunjungan wisata. Selain itu, selama penutupan sementara juga dilakukan pembangunan atau pemeliharaan sarana prasarana wisata.