LAKSAMANA TNI (PURN) PROF DR MARSETIO BERIKAN KULIAH UMUM KEPADA PASIS DIKREG SESKO TNI AL

Daerah434 Dilihat

 

TNI AL, Seskoal, 16 Juni 2023.Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla.,CHRMP.,menerima kedatangan Laksamana TNI (Purn.) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. CHRMP. untuk memberikan kuliah kepada 118 Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke 61 TA 2023. di Kelas “A” Gedung R.E Martadinata, Markas Komando (Mako) Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan, Jumat (16/06/23).

Materi kuliah umum yang disampaikan kali ini adalah “Sea Power Indonesia di Era Geomaritim Indo Pacific”. Prof. Marsetio mengatakan bahwa Sea Power bukanlah satu-satunya kekuatan Angkatan Laut semata, tetapi memiliki arti yang lebih luas. Hal ini dikarenakan adanya keterkaitan dan kontrol terhadap unsur-unsur lainnya seperti perdagangan dan perekonomian nasional melalui laut, penggunaan dan kontrol terhadap sumber daya laut, penangkalan, penggunaan Angkatan Laut dan perekonomian maritim sebagai instrumen diplomasi, serta pengaruh politik masa damai dan juga pengoperasian Angkatan Laut pada masa perang.

“Sea Power tidak hanya Armada kapal perang, tetapi juga mencakup segala potensi kekuatan nasional yang menggunakan laut sebagai wahananya”,demikian yang disampaikan oleh pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ini. Kemudian disampaikan juga bahwa, TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama yang didukung oleh komponen-komponen non militer lainnya seperti perdagangan lewat laut, perkapalan, perikanan, kelautan, industri maritim dan jasa maritim. Usai acara perkuliahan, kegiatan dilanjutkan dengan acara tanya jawab, pemberian cendera mata dan dilanjutkan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *