Laksda TNI Heru Kusmanto ResmiJabat Panglima Komando Armada RI

oleh -1291 Dilihat
Jakarta,27 September 2022,Laksama Muda TNI Heru Kusmanto resmi menjabat sebagai Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada) RI, setelah  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada RI, dari Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid K. kepada Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, Selasa (27/09/2022) di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat.

Laksda TNI Heru Kusmanto sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum Panglima TNI. Sementara Laksdya TNI Abdul Rasyid pada bulan ini memasuki masa purna tugas.
Pada amanatnya Kasal mengatakan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, melahirkan situasi dan tantangan yang semakin kompleks. Potensi ancaman keamanan aspek laut yang ditimbulkan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan kelangsungan pembangunan nasional, khususnya sektor maritim.
Untuk menjawab tantangan tersebut lanjut Kasal, Armada RI sebagai kekuatan tempur utama TNI Angkatan Laut, dituntut senantiasa hadir dalam upaya menjamin tegaknya kedaulatan serta hukum di seluruh perairan dan yurisdiksi nasional Indonesia.
“Usia yang relatif baru, tidak pernah menjadi hambatan bagi Komando Armada RI untuk memikul tanggung jawab akan terlaksananya pembinaan  serta penggunaan kekuatan sistem senjata armada terpadu sebagai sistem kesenjataan khas TNI Angkatan Laut”, tegas Kasal.
Komando Armada Republik Indonesia TNI Angkatan Laut, disingkat Koarmada RI TNI Angkatan Laut adalah Komando Utama Operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai Komando Utama Pembinaan di tingkat Mabesal yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kotama Ops, Koarmada RI menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan sebagai Kotama Bin, Koarmada RI membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasal
Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke 34 Tahun 1988. Putra kelahiran Magelang 31 Maret 1966 ini diawal karier militernya banyak ditugaskan di lingkungan pasukan khusus yaitu di Satpaska Armatim dan kemudian menjadi Komandan KRI Sutedi Senoputra-378 tahun 2003, Komandan Lanal Sorong tahun 2004. Pada tahun 2007. Tahun 2009 menjadi ajudan Wapres RI. Setelah itu tahun 2012 menjabat Kepala Staf Guspurla Koarmatim dan tahun 2014 menjadi Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim dengan pangkat Laksamana Pertama TNI.
Selanjutnya menjabat sebagai Komandan Lantamal X Jayapura dan Kepala Staf Koarmada I. Tahun 2018 menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer dengan pangkat bintang dua atau Laksamana Muda TNI dan tahun 2019 menjabat Panglima Koarmada II. Setahun kemudian menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum (Asrenum) Panglima TNI dan di tahun 2022 ini menerima amanah jabatan sebagai Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI)
Demikian Dinas Penerangan Koarmada RI

No More Posts Available.

No more pages to load.