LANAL BABEL LAKSANAKAN SAR KAPAL TENGGELAM DI PERAIRAN BLINYU

0 57

 

 

Tim SAR Gabungan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung melaksanakan Search and Rescue (SAR) dan evakuasi tenggelamnya KM. Sejahtera  bersama Polairud Polres Bangka dan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Indonesia (KPLP), Senin (6/4) di Perairan Blinyu.

Kejadian bermula ketika Posmat Blinyu mendapat informasi dari nelayan bahwa telah terjadi kecelakaan laut yang mengakibatkan tenggelamnya KM. Sejahtera 2 di 11 mil tenggara Blinyu karena mengalami kebocoran setelah dihantam gelombang.

Berdasarkan informasi tersebut, Lanal Babel berkoordinasi dengan elemen SAR di Blinyu   yaitu Polairud dan KPLP yang selanjutnya menggerakkan Patkamla Lengkuas dan KN P 486 menuju ke lokasi bersama dua personil Polairud Polres Bangka onboard. Tiba di lokasi, tim SAR Gabungan tidak menemukan tanda-tanda kecelakaan laut. Kemudian pencarian diperluas dengan merubah pola dan sektor pencarian. Kerja keras Tim Gabungan yang terdiri personel Lanal Babel, Polairud Polres Bangka dan KPLP Bangka membuahkan hasil dengan ditemukan kotak fiber penyimpanan ikan dan barang-barang lainnya yang mengapung dalam jumlah yang banyak.  Korban 8 orang ABK ditemukan pada posisi tidak jauh dari ditemukannya barang-barang yang mengapung, seluruh ABK KM Sejahtera 2 sejumlah 8 orang berhasil diselamatkan oleh tim SAR Gabungan dan dievakuasi ke Pangkal Balam menggunakan KN. P 486 yang ukuran kapalnya lebih besar dan mampu menampung seluruh ABK KM Sejahtera 2.

Bangkai kapal KM Sejahtera 2 yang tenggelam diberi tanda navigasi sebelum diangkat dan disingkirkan supaya tidak mengganggu serta membahayakan navigasi di perairan tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ