Lanal Bintan Gelar Sosialisasi Penerapan UNCLOS ’82 Aspek Operasi

Daerah591 Dilihat

 

TNI AL, Bintan,- Pangkalan TNI AL Bintan gelar kegiatan Sosialisasi Penerapan United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982 yang diikuti Perwira, Bintara, Tamtama Lanal Bintan yang dilaksanakan di Ruang Kendali (Rudal) Mako Lanal Bintan, Kamis (15/06/2023).

Pelaksanaan Sosialisasi UNCLOS 1982 sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada personel Lanal Bintan terkait Hukum Laut Internasional.

Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., yang diwakili PgS. Palaksa Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A Pardede, S.S., M.Han., menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, oleh karena itu pemahaman tentang hukum laut internasional bagi prajurit TNI AL adalah hal yang mutlak, hal ini juga diperkuat dengan posisi Lanal Bintan yang berhadapan langsung dengan perbatasan maritim negara tetangga, maka tidak dapat dihindarkan lagi akan banyak dinamika permasalahan kedaulatan dan keamanan laut disekitarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa didalam salah satu tugas Pokok TNI Angkatan Laut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 9 tentang TNI yaitu menjaga keamanan di wilayah laut Yurisdiksi Nasional sesuai ketentuan hukum internasional yang telah diratifikasi. Untuk itu sangat diperlukan sebagai pemahaman dan pengetahuan tentang UNCLOS 1982 bagi prajurit.

“Sosialisasi ini merupakan langkah dalam menyamakan misi, persepsi dan pemahaman tentang konvensi hukum sehingga diharapkan setiap personel tercapai kesepahaman dan kesamaan cara bertindak dalam menghadapi permasalahan di lapangan serta menerapkan hukum internasional,” pungkasnya.

Sosialisasi tentang UNCLOS 1982 dalam aspek hukum laut Internasional tersebut disampaikan narasumber Kasi Kumter Subdiskumlater Letkol Laut (H) Sony Prihadi Nugroho S.H., M.Tr.Hanla., dan Kasi Kumint Subdiskumlater Mayor Laut (H) Imam R. Harahap.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pgs. Palaksa Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A Pardede S.S., M.Han., Ka. Akun Lanal Bintan Mayor Laut (S) Andi Arwin, Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yudha Bakti, Danposal Berakit Kapten Laut (E) Arifin, Pgs. Kasipers Lanal Bintan Kapten Laut (E) Sadaruddin, Danpos Lagoi Letda Laut (S) Rukmana, beserta personel Bintara dan Tamtama Lanal Bintan.

(Pen Lanal Bintan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *