Lantamal V Saksikan Film Dokumenter Pertempuran Laut Arafuru

oleh -211 views

 

Dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera Tahun 2021 Prajurit Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal ) V mengadakan Nonton Bareng Film Dokumenter Pertempuran Laut Arafuru. Acara ini digelar di Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal V Jalan Laksda M. Nasir 56 Tanjung Perak Surabaya, Jumat (15/1). Kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas, diikuti perwakilan prajurit dan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

Menurut Danlantamal V dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagai prajurit TNI AL perlu mengetahui sejarah perjuangan bangsa diantaranya adalah Kisah Pertempuran Laut Arafuru. Selain untuk memupuk dan membangkitkan semangat patriotik, hal ini juga merupakan bentuk penghormatan untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan Laut yang telah gugur sebagai Kusuma Bangsa dalam pertempuran laut dalam mempertahankan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hendaknya acara ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk instrospeksi diri dan mengukur sejauh mana kadar pengabdian kita, dalam upaya mewujudkan cita-cita luhur para pahlawan pendahulu bangsa Indonesia “, ujar Danlantamal V.

Pada tanggal 15 Januari 1962 telah terjadi pertempuran di Laut Arafuru, dimana RI Macan Tutul di bawah pimpinan Komodor Yos Sudarso tertembak oleh Kapal Perang Belanda yang akhirnya tenggelam. Peristiwa tersebut hingga saat ini dikenang dengan hari Dharma Samudera. “Para pahlawan laut tersebut telah menorehkan tinta emas sejarah bangsa dalam upayanya mempertahankan NKRI”., Ungkap Danlantamal V.

Dalam kesempatan ini pula dilaksankaan doa bersama, bagi arwah para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Laut Arafuru, doa bagi keselamat bangsa dan negara yang saat ini tengah menghadapi Pandemi Covid-19, dan doa bagi keberhasilan para prajurit yang saat ini tengah berjuang melaksanakan SAR atas musibah jatuhnya pesawat yang terjadi pekan lalu.

728×90 Leaderbord