Lanudal Kupang Nikmati Madu, Buah dan Tiga Hasil Ketahanan Pangan

Lanudal Kupang Nikmati Madu, Buah dan Tiga Hasil Ketahanan Pangan

Nasional158 Dilihat

 

TNI AL-Dispen Puspenerbal (20/11/2023).
Personel Pangkalan Udara TNl Angkatan Laut (Lanudal) Kupang Puspenerbal mulai menikmati hasil dari jerih payah ketahanan pangan berupa buah Semangka, tanaman Toga dan Lebah Madu Apis Cerana dalam panen raya di lahan ketahanan pangan Lanudal Kupang, Senin(20/11/2023).

Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Kupang Puspenerbal, Mayor Laut (P) Arief Sukmono Akbar bersama Ketua Cabang 9 Gabungan Jalasenastri Puspenerbal dan Pengurus serta seluruh Personel, turut dalam proses panen buah Semangka, Kunyit serta Madu.

Menurut Danlanudal Kupang, Lahan ketahanan pangan dan budidaya lebah madu Lanudal Kupang mulai membuahkan hasil, setelah sekian lama di rawat dalam kondisi cuaca di wilayah Kupang yang mengalami musim kemarau panjang.

“Kondisi lahan di daerah Kupang memiliki kontur tanah yang unik, sering disebut sebagai tanah di atas batu karang atau lebih terkenal dengan on the rock,” terangnya

Dalam pengelolaan lahan tersebut lanjut Arief -sapaan akrab Danlanudal Kupang ini- hal lain yang menantang adalah pasokan air yang sangat terbatas serta dengan kondisi tanah kemarau yang kering, sehingga saat menyiram air langsung meresap dan menghilang.

“Dengan kondisi tanah seperti itu juga mengakibatkan tanaman bunga sebagai sari makan produksi madu menjadi kering dan susah didapatkan oleh sang lebah,” terangnya.

Maka keberhasilan panen ini tambahnya, merupakan suatu kesuksesan bagi Lanudal Kupang dalam mengelola budidaya bibit yang ditanam serta lebah hingga sampai waktu panennya dan bisa menikmati hasilnya.