Lewis Hamilton meraih juara di Grand Prix Formula Satu (GP F1) Portugal di Sirkuit Portimao

oleh -278 views

Lewis Hamilton meraih juara di Grand Prix Formula Satu (GP F1) Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (2/5/2021) malam WIB. Ia mampu melewati pembalap start terdepan rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas yang finis posisi ketiga, dan seterunya Max Verstappen (Red Bull) yang finis kedua.

Hamilton tak mengalami kendala setelah ia mengambil alih posisi pertama. Finis di posisi keempat adalah pembalap kedua Red Bull, Sergio Perez.

Pembalap tim McLaren, Lando Norris finis di posisi kelima, diikuti pembalap Ferrari Charles Lecrec.

Dua pembalap tim Alpines, Esteban Ocon dan Fernando Alonso tampil mengesankan dengan finis di posisi tujuh dan delapan.

Posisi sembilan dan 10 diraih Daniel Ricciardo dan Pierre Gasly.

Sejak awal balapan, tiga pembalap, Bottas, Hamilton dan Verstappen sudah berada di posisi terdepan.

Insiden yang menimpa Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi membuat mobil pengaman (safety car) masuk ke dalam lapangan, karena banyak pecahan sasis mobil di lintasan.

Sesaat setelah mobil pengaman masuk, Verstappen tampil menyerang dan mengambil alih posisi kedua dari Hamilton.

Meski demikian, pembalap Inggris itu mampu kembali melewati pembalap muda Belanda tersebut di putaran 11 dari total 66 putaran, Setelah itu Hamilton melewati rekan setimnya Bottas di putaran ke-20.

Strategi Red Bull dengan membuat Verstappen masuk terlebih dahulu untuk mengganti ban tipe keras (hard) membuahkan hasil di putaran ke-36. Meski kemudian Bottas yang juga mengganti ban di putaran ke-37 bisa keluar tetap di posisi dua, namun kondisi bannya belum panas dan tak memiliki daya cengkeram yang bagus.

Verstappen dengan kondisi ban yang lebih panas, bisa mengambil alih posisi Bottas.

Hamilton melakukan pergantian ban di putaran ke-51, dan membuat posisi pertama dikuasai Perez. Namun satu putaran kemudian, pembalap Red Bull itu masuk untuk mengganti ban, sehingga kembali pimpinan balapan dikuasai Hamilton.

No More Posts Available.

No more pages to load.