Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional Ramaikan Dies Natalis STTAL Ke 55/2021.

oleh -267 views

TNI AL – STTAL Surabaya, Civitas Akademika STTAL memeriahkan hari jadinya yang ke 55 tepatnya tanggal 15 Maret 2021 dengan menggelar lomba debat bahasa inggris Tingkat Nasional dalam rangka peringati Dies Natalis ke 55/2021 yakni ” STTAL English Debate Competition 2021″ (SEDC) dengan peserta
berbagai Universitas / Perguruan Tinggi se Indonesia di dukung 17 juri dengan ketua dewan juri Mr. Rizal Kuddah, S. Pd. dari ITS Surabaya berlangsung selama dua hari bertempat di Gedung Marore Kampus STTAL Jl. Bumimoro Surabaya. Selasa (9/3/2021)

Pada kegiatan pembukaan  di awali sambutan Ketua dewan juri kompetisi debat bahasa inggris Mr. Rizal Kuddah, S. Pd. dilanjutkan sambutan Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., menyampaikan selama Pandemi Covid-19 lomba debat bahasa inggris STTAL dilaksanakan secara online dengan prinsip para peserta dapat melaksanakan dari rumah dengan tujuan melindungi dari wabah virus corona.

” STTAL English Debate Competition 2021 (SEDC) telah memberikan nilai-nilai penting bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam rangka membangun sebagai Research University guna mendukung Angkatan laut kelas dunia.

Tuntutan Kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan lomba debat bahasa inggris menjadi bagian akademik mahasiswa dan menjadi media pelatihan negosiasi dan kemampuan argumentasi dalam bahasa inggris.

Diharapkan dengan lomba debat bahasa inggris ini dapat meningkatkan daya saing mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan penyampaian pendapat logis dan sistematis guna meningkatkan pemikiran kritis dan analisis para mahasiswa serta memahami semua materi tentang topik atau motion yang diberikan oleh semua pembicara.

STTAL dengan paradigma baru yang mengarah ke Angkatan Laut kelas dunia ingin memberikan perhatian dalam program praktis guna meningkatkan ketrampilan bahasa inggris melalui lomba debat bahasa inggris guna memotivasi para mahasiswa STTAL sebagai sarana untuk membina hubungan baik dengan lembaga publik lainnya.

Panitya lomba debat bahasa inggris yakni Ka.UPT Bahasa STTAL Mayor Laut (KH) Arif Sudaryoko, S. Pd., pada kesempatan waktu menyampaikan, pada tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, karena tahun ini di selenggarakan secara daring online sehubungan dengan situasi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan pada kegiatan lomba ini berbentuk lomba debat bahasa inggris dengan menggunakan sistem Asian Parliamentary System With POI (Poin Of Interruption), pada sistem ini masing-masing tim terdiri dari 3 orang (1st, 2nd dan 3 rd Speaker).

728×90 Leaderbord

Setiap babak ada 2 tim yang bertanding dinilai oleh tim Adjudicators ( juri ), pemenang diambil berdasarkan pengumpulan score terbanyak dan menggunakan sistem setengah kompetisi pada babak penyisian yang dilaksanakan 3 kali Preliminary Round kemudian masuk pada babak Octo Final sampai babak Final dengan menggunakan sistem gugur.