LSM LIPAN DPD Pesawaran kembali temukan proyek tanpa plang.

0 252

Pesawaran,Lampung,dnewsradio.com–LSM LIPAN ( Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara) DPD Pesawaran kembali menemukan proyek pembangunan rigit beton tanpa plang yang berada di Desa Sukamaju Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. (Jum’at 15/11/19).

Hal itu didapatkan berdasarkan pantauan LSM LIPAN ( Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara) DPC Pesawaran yang bekerja sama dengan media dnewsradio.com, saat turun kelapangan untuk melihat langsung proses pekerjaan proyek rigit beton tersebut, dan didapatkan temuan proyek pembangunan rigit beton tanpa plang.

Sedangkan berdasarkan Undang– Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, setiap proyek yang dibiayai oleh dana pemerintah wajib untuk memasang plang.

Sebab plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan termasuk tender proyek yang dilakukan di badan publik. 

Sekertaris Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara (LIPAN) DPD Pesawaran, Sutrisno, mengatakan, hampir semua Proyek yang di kerjakan di Kabupaten Pesawaran tidak memasang plang anggaran, dan hal itu tentunya patut di curigai adanya kecurangan dalam pengerjaan proyek tersebut

” jika proyek tidak ada plang tentunya tidak ada keterbukaan, dan masyarakat akan sulit untuk memonitoring pekerjaan tersebut ” ungkapnya.

Sutrisno menambahkan “Pada pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, melalui website, portal LPSE, papan pengumuman resmi, dan sebagainya. Ini semakin memperkuat apa yang juga diatur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),” imbuhnya

Sampai berita ini diturunkan pihak pelaksana proyek tersebut tidak dapat di temui di lokasi untuk dimintai keterangannya terkait pemasangan plang sebagai bentuk keterbukaan. (DIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ