Manchester United telah mencapai kesepakatan menunjuk Ralf Rangnick sebagai pelatih

oleh -660 views

Manchester United telah mencapai kesepakatan menunjuk Ralf Rangnick sebagai pelatih atau manajer setelah pemecatan Ole Gunnar Solskjaer. Ralf disebut telah menyetujui kontrak enam bulan untuk mengelola United hingga akhir Mei.

Rangnick dikenal sebagai profesor sepak bola. Ia mendapat pujian karena memberi pengaruh kepada pelatih modern Jerman seperti Jurgen Klopp, Thomas Tuchel, Ralph Hasenhuttl, maupun Julian Nagelsmann.

Pelatih asal Jerman ini dipandang sebagai salah satu pelatih paling berpengaruh di generasinya.

Ia identik dengan sistem Gegenpressing yang sekarang diadopsi secara luas di seluruh Eropa.

Gegenpressing adalah kinerja tim ketika kehilangan bola akan berusaha secepat mungkin untuk kembali menguasai bola dengan menekan lawan secara bersama-sama.

Ia juga dikenal sebagai salah satu pionir untuk zona marking dari bola mati dengan timnya yang terkenal dengan permainan high-pressing.

Saperti dikutip dari Manchester Evening News, salah satu klausul dalam kontrak tersebut menyebutkan bahwa setelah melatih MU nantinya Ralf bakal berpindah peran sebagai konsultan di klub tersebut untuk periode dua tahun awal.

Sebelumnya sejumlah media Inggris memberitakan bahwa Rangnick bersedia menjadi pelatih sementara waktu dengan syarat bahwa ia tetap dipekerjakan setelah kontraknya selesai.

Pekerjaan yang dimaksud bukan sebagai pelatih melainkan masuk di bagian manajemen yakni sebagai konsultan.

The Athletic melaporkan bahwa Rangnick akan menempati posisi manajer interim atau sementara. Pelatih berusia 63 tahun itu akan meninggalkan posisinya sebagai kepala olahraga dan pengembangan Lokomotiv Moscow.

Setelah hanya meraih satu kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir Liga Premier, United bakal menghadapi pemuncak klasemen, Chelsea, di Stamford Bridge akhir pekan ini.

Diperkirakan Rangnick belum akan muncul pada pertandingan itu karena masalah izin kerja. Artinya, bos sementara MU adalah Michael Carrrick.

Rangnick diharapkan sudah memimpin tim Setan Merah pada pertandingan kandang melawan Arsenal, 2 Desember 2021. Laga ini dianggap sebagai awal dari penentuan memperebutkan finis posisi empat besar.

Selain pengalaman kepelatihannya yang luas, Rangnick berhasil membawa RB Leipzig promosi di Bundesliga.

Rangnick meninggalkan Leipzig tahun lalu setelah gagal pindah ke AC Milan. Ia kemudian bergabung dengan Lokomotiv di musim panas.

Terlepas dari penunjukan Rangnick sebagai manajer sementara, manajemen Setan Merah masih ngotot mengejar pelatih aris Saint-Germain Mauricio Pochettino untuk menjadi manajer permanen.

Karier kepelatihan Rangnick dimulai di klub kota kelahirannya Viktoria Backnang (1983-1985). Kala itu, ia menyelesaikan karier bermainnya sebagai pemain-pelatih untuk Stuttgart II dan TSV Lippoldsweiler.

Rangnick terus melatih klub di divisi bawah sepak bola Jerman selama beberapa tahun sebelum diberi kesempatan untuk mengelola mantan klubnya, Stuttgart, di Bundesliga pada 1999. Namun kepelatihan di Stuttgart tidak bisa dibilang mulus. Ia dipecat setelah musim kedua yang sulit.

Rangnick pindah ke Hannover pada 2001 dan mendapatkan promosi ke papan atas Jerman. Lalu Rangnick menikmati kesuksesan di Hoffenheim (2006-2011) dan dalam dua periode singkatnya di Schalke masing-masing 2004-2005 dan Maret 2011-September 2011.

Pada periode keduanya di Schalke, tim memenangkan Piala Jerman, Piala Super Jerman dan mencapai semi-final Liga Champions di mana mereka dikalahkan oleh United dengan agregat 1-6.

Ketika itu MU ditukangi Sir Alex Ferguson. Sedangkan Schalke diperkuat antara lain oleh penyerang veteran Spanyol Raul Gonzales dan kiper timnas Jerman Manuel Neuer.

Dari Schalke pria kelahiran 29 Jun 1958 ini beralih menjadi Direktur Olahraga di klub Slazburg dan Leipzig sebelum akhirnya menjadi pelatih Leipzig dua periode masing-masing pada 2015-2016 dan 2018-2019.

AC Milan dilaporkan tengah menyiapkan kontrak tiga tahun untuk pelatih Ralf Rangnick. Ketika itu, CEO Milan Ivan Gazidis telah menunjuk Rangnick untuk mengarsiteki Rossoneri menggantikan Stefano Pioli. Rangnick juga akan menjadi direktur olahraga Milan yang kini diisi Paolo Maldini.

La Gazzetta juga mengklaim Rangnick kemungkinan akan bekerja sebagai direktur teknik pada tahun pertamanya di Milan. Namun tak menutup kemungkinan untuk langsung melatih Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan. Namun kontrak itu gagal.

Ia ditunjuk menjadi Kepala Olahraga dan Pengembangan Lokomotiv Moskow pada 6 Juli 2021. Seharusnya kontrak hingga 30 Juni 2024 namun keburu MU meminangnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.