Manfaat ikan gabus bagi kesehatan

oleh -137 views

Dnewsradio.com – Tangerang, Rabu 20/03/2019 , Ikan gabus mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Ikan yang banyak ditemukan di danau, rawa rawa, sungai maupun sawah ini kaya akan albumin, jenis protein yang mempercepat penyembuhan pasca operasi dan melahirkan.

Selain memiliki banyak protein, daging ikan gabus memiliki banyak kandungan gizi lainnya Di antaranya, zinc (seng), asam amino, lemak dan trace element lain yang diperlukan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari ikan gabus :

Membantu proses penyembuhan penyakit seperti: Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic.
Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.
Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
Membantu Menghilangkan (pembengkakan).
Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.
Membantu penyembuhan Autis.
Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.
Mempercepat penyembuhan Luka luar dalam.
Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating.
Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Diungkapkan dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, bahwa ikan gabus memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain, seperti, ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan lain-lain.

Termasuk kadar protein ikan gabus juga tertinggi dibandingkan dengan bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti, telur, daging ayam, dan daging sapi.

Inilah yang menyebabkan kenapa orang tua dulu memberikan ikan gabus kepada anak-anak, orang tua, atau orang sakit, tak lain dikarenakan protein yang dikandung oleh ikan gabus sangat mudah dicerna oleh bayi, anak-anak, manula, serta pasien-pasien penyakit berat yang mengalami kekurangan albumin.

Manfaat Albumin Ikan Gabus berfungsi untuk mengatur tekanan osmotic dalam darah, menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga dapat mempertahankan volume darah dalam tubuh agar tidak terjadi pembengkakan.

Lantas Adakah Efek Samping Jika Kelebihan Albumin? Tidak ada! Jika mengkonsumsi berlebihan albumin ini tidak akan menyebabkan kelebihan albumin (hiper albumin).

Ketika pasokan albumin berlebih, tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot, sehingga orang sehat pun aman mengkonsumsi albumin sebagai suplemen.

Konsumsi ikan gabus sebanyak 2 kg per hari dalam waktu 8 hari bisa meningkatkan kadar albumin agar mencapai standar ideal yakni 3,5-5 g/dl.

Jurnalis cyber Dnewsradio.com

No More Posts Available.

No more pages to load.