Manfaat melakukan olahraga di pagi dan malam hari

oleh -346 views

Olahraga dilakukan untuk menuai manfaat. Kapan kamu suka melakukan olahraga, apakah di pagi atau malam hari?

Jika kamu terbiasa melakukan olahraga di pagi hari, sebenarnya akan lebih mudah untuk membuatnya sebagai rutinitas. Di pagi hari, kamu belum terpapar aktivitas yang menguras tenaga dan stres sepanjang hari.

Melakukan olahraga di pagi hari juga bisa membuatmu lebih berenergi sepanjang sisa hari. Olahraga akan membuat tubuh menghasilkan endorfin dan endorfin ini akan membuatmu merasa bahagia.

Tidak hanya itu, olahraga di pagi sebelum makan bisa dianggap kardio puasa. Olahraga dengan perut kosong termasuk peningkatan lipolisis, oksidasi lemak, dan penurunan kadar insulin.

Peningkatan lipolisis terjadi saat tubuh memecah sel lemak untuk digunakan sebagai energi, oksidasi lemak terjadi saat tubuh membakar energi dari sel lemak yang terjadi saat glikogen tubuh rendah. Ini adalah cara ilmiah untuk mengatakan bahwa olahraga tanpa makan bisa menurunkan lebih banyak berat badan.

Sedangkan olahraga di malam hari berarti kamu memiliki lebih banyak waktu dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine menemukan bahwa melakukan olahraga berat 90 menit sebelum tidur dikaitkan dengan tidur lebih cepat, lebih sedikit bangun di tengah malam, dan suasana hati yang lebih baik.

Selain itu, suhu internal tubuh lebih tinggi di malam hari, membuatmu lebih siap secara fisik, sehingga fungsi otot dan kekuatan memuncak. Jadi, kamu lebih suka olahraga di pagi atau malam hari?

728×90 Leaderbord