Mantan insinyur Apple bernama Xiaolang Zhang akhirnya dijatuhi hukuman 120 hari atau empat bulan penjara dan diawasi selama tiga tahun

Mantan insinyur Apple bernama Xiaolang Zhang akhirnya dijatuhi hukuman 120 hari atau empat bulan penjara dan diawasi selama tiga tahun

Otomatif97 Dilihat

Mantan insinyur Apple bernama Xiaolang Zhang akhirnya dijatuhi hukuman 120 hari atau empat bulan penjara dan diawasi selama tiga tahun setelah mengaku mencuri informasi terkait pengembangan kendaraan self-driving perusahaan.

Dilansir dari Engadget, Jumat (9/2/2024), kasus ini sebetulnya sudah berlangsung cukup lama. Zhang ditangkap di Bandara Internasional San Jose pada 2018 saat hendak pergi ke Tiongkok. Meskipun awalnya menyatakan tidak bersalah, Zhang mengubah pengakuannya pada 2022.

Setelah melalui rangkaian persidangan, Zhang pada pekan ini akhirnya dinyatakan bersalah. Selain dipenjara, dia juga diwajibkan membayar restitusi sebesar US$ 146.984. Zhang awalnya dituntut hukuman hingga 10 tahun penjara dan denda US$ 250.000, tetapi vonis yang diterimanya lebih ringan.

Sebagai insinyur perangkat keras untuk Project Titan, inisiatif kendaraan otonom Apple yang berumur satu dekade, Zhang mentransfer dokumen teknis dan skema papan sirkuit ke laptop istrinya melalui AirDrop. Dia juga menyimpan salinan manual teknis tentang prototipe Apple di laptop tersebut, serta mencuri perangkat keras dan server Linux dari laboratorium pengembangan perusahaan.

Setelah cuti dan rencana untuk bekerja di XPeng Motors di Tiongkok, Zhang mengundurkan diri dari Apple. Namun, aktivitasnya menimbulkan kecurigaan, terutama karena XPeng juga terlibat dalam teknologi kendaraan otonom. Dia tertangkap dalam rekaman CCTV saat mengambil perangkat keras dari laboratorium Apple dan mentransfer file ke komputer pribadinya.

Meskipun Apple telah mengembangkan kendaraan self-driving selama satu dekade, belum ada produk yang tersedia untuk konsumen. Baru-baru ini, Bloomberg melaporkan bahwa Apple telah mengubah fokusnya untuk mengembangkan kendaraan listrik seperti Tesla, daripada kendaraan otonom penuh. Apple Car yang dinantikan oleh banyak orang diperkirakan akan debut paling cepat pada 2028.