Mantan presiden Peru Alan Garcia tewas setelah menembak dirinya sendiri

oleh -136 views

dnewsradio.com – Mantan presiden Peru Alan Garcia tewas setelah menembak dirinya sendiri, Rabu (17/4). Tindakan bunuh diri itu terjadi saat aparat polisi mendatanginya untuk penahanan kasus korupsi.

Seperti dilaporkan BBC, Rabu (17/4), Garcia sempat dilarikan ke rumah sakit di ibu kota Peru, Lima pada Rabu (17/4). Kematian Garcia akhirnya dikonfirmasi oleh Presiden Martín Vizcarra saat ini.

Kerumunan pendukung berkumpul di luar rumah sakit dan ditahan oleh barisan polisi. García dituduh menerima suap dari perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht – klaim yang dibantahnya.

Petugas polisi telah dikirim untuk menangkapnya sehubungan dengan tuduhan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Carlos Morán mengatakan kepada wartawan bahwa ketika polisi tiba, García meminta untuk menelepon dan pergi ke satu ruangan dan menutup pintu.

“Beberapa menit kemudian, satu tembakan terdengar. Polisi mendorong pintu terbuka dan mendapati García duduk di kursi dengan luka tembak di kepalanya,” kata Morán.

Garcia sedang diselidiki untuk penyuapan sehubungan dengan skandal korupsi besar-besaran yang telah menelan sejumlah mantan pemimpin Amerika Latin. Pria berusia 69 tahun itu pernah menjabat sebagai presiden Peru dari 1985 hingga 1990 dan dari 2006 hingga 2011.

Sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan kepada CNN bahwa pihak berwenang Peru telah mengeluarkan perintah untuk penahanannya segera.

Garcia dituduh menerima suap dari salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Amerika Latin. Dilaporkan, suap itu berasal dari perusahaan yang berpusat di Brasil, Odebrecht. Uang suap diberikan saat pembangunan kereta listrik metro untuk kota Lima.

No More Posts Available.

No more pages to load.