Manuver Lapangan Latihan Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Korpasgat di AWR Buding disambut Antusiasme Warga Belitung.

Daerah801 Dilihat

 

Belitung, Penkoopsud I. Manuver lapangan latihan Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat TA. 2023 disambut antusiasme warga Belitung. Masyarakat tampak memadati daerah latihan di Air Weapon Range (AWR) Buding, Belitung. (Senin, 29-5-2023).

Dalam pelaksanaan latihan tersebut, dipantau langsung oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., yang didampingi oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., serta Dankorpasgat Marsda TNI Wahyu Sujatmiko, beserta unsur Forkopimda Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur yang menyaksikan secara langsung gelaran operasi militer udara gabungan Koopsud I dengan Korpasgat tersebut.

Turut menyaksikan Latihan Operasi gabungan tersebut, Asops Kasau dan pejabat Mabesau Lainnya, Pejabat Utama Koopsudnas, Para Danlanud dijajaran Koopsud I.

“Latihan Operasi Udara Gabungan bernama Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat TA. 2023 menjadi tolok ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan untuk menguji kesiapan dan intreroperability konsep operasi udara gabungan dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan implementasi Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) di jajaran Koopsud I dan Kopasgat. Seluruh unsur latihan dilaksanakan di Air Weapon Range (AWR) Buding Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoeddin” ujar Pangkoopsudnas saat di wawancara wartawan.

“Dalam pelaksanaannya dilaksanakan beberapa gabungan operasi militer perang dalam kampanye militer di antaranya, Operasi Intelejen, Operasi Informasi dan Operasi Teritorial, Operasi Udara Serangan Strategis, Operasi Udara Perlawanan, Operasi Mobilitas Udara, Operasi Udara Khusus” ujar Alumni AAU’93 ini lebih lanjut.

Latihan ini melibatkan sekitar 1250 personel, 10 pesawat tempur, 6 pesawat angkut, 1 pesawat intai, 6 helikopter, dan unsur satuan Pasukan Elit TNI AU Korpasgat. Dan melibatkan satuan udara TNI AU terdekat untuk mendukung pergerakan armada udara yang tersebar di Lanud SMH Palembang, Lanud ASH (Belitung) dan Lanud HLM (Jakarta).

Dengan babakan awal, Pesawat Intai Strategis Boeing 737 dari Skadron Udara 5 melaksanakan misi operasi Intelijen dengan melaksanakan operasi udara pengamatan dan pengintaian. Kemudian Operasi Informasi (Operasi Lawan Informasi Ofensif & Defensif, Operasi Teritorial (Operasi Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Udara).

Selanjutnya melaksanakan misi operasi udara diantaranya Operasi Udara Serangan Strategis (OUSS), Operasi Udara Lawan Udara Ofensif (OULUO), Operasi Udara Lawan Udara Defensif (OULUD) dan Operasi Udara Lawan Darat (OULD), yang keseluruhannya digelar di AWR Buding Lanud ASH Belitung.

Setelah Latihan Gabungan tersebut usai, dilaksanakan pembagian paket sembako dari Koopsud I kepada masyarakat di daerah latihan AWR Buding, yang diserahkan oleh masing-masing pejabat yang hadir kepada perwakilan masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *