Masalah gangguan kesehatan mental memang bisa dialami oleh siapapun juga kalangan masyarakat mana saja

0 26

Masalah gangguan kesehatan mental memang bisa dialami oleh siapapun juga kalangan masyarakat mana saja. Demikian juga Ariel Tatum yang secara mengagetkan mengaku pernah mengalami gangguan kesehatan mental.

Sebagai publik figur yang pernah mengalami pengalaman tak mengenakan terkait gangguan mental, Ariel pun mencoba memberikan edukasi dan semangat kepada mereka yang memiliki gangguan tersebut.

“Kamu adalah satu-satunya orang yang berhak menentukan identitasmu dan kebahagiaanmu, bukan orang lain,” kata Ariel tatum di laman Instagramnya, arieltatum, baru-baru ini.

Ariel Tatum sendiri pernah menderita sebuah gangguan kesehatan mental yang bernama Borderline personality disorder alias BPD. Jenis kelainan ini merupakan gangguan kesehatan mental yang memengaruhi cara berpikir dan perasaan seseorang.

Pengidap BPD hampir selalu merasa khawatir, rendah diri (minder), dan takut. Karenanya, Ariel pun menghimbau kepada para penderitanya untuk tidak merasa malu.

“Stop merasa malu akan kondisi kesehatan mental kamu. Kamu tetap berhak dan bebas untuk berekspresi. Yuk, kita sama-sama patahkan stigma mengenai orang dengan gangguan kesehatan mental!” paparnya.

Menurut Ariel Tatum, hal yang paling sulit untuk dilakukan oleh para penderita gangguan kesehatan mental adalah kesadaran diri. Karena hal itu nantinya akan berpengaruh pada bisa atau tidaknya dalam penerimaan diri.

“Hal paling sulit untuk dilakukan oleh teman- teman yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah kesadaran diri. Diikuti dengan penerimaan diri. Baru perlahan menghilangkan rasa malu dan minder untuk memelihara kesehatan mental,” sambungnya.

“Be strong enough to stand alone, smart enough to know when you need help, and brave enough to ask for it. Let’s join the force. Share cerita teman-teman pakai #RealTalk #LetsEndTheShame,” tandas Ariel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ