Massa Aksi Ancam Duduki Lahan PTPN VII Jika Tuntutan Ukur Ulang Tanah Tak Dipenuhi ATR/BPN

Lampung113 Dilihat

PESAWARAN,Dnewsradio – Penolakan PTPN 7 Way Berulu Gedongtataan untuk dilakukan pengukuran ulang sesuai dengan tuntutan massa aksi unjuk rasa di Kantor ATR/ BPN Provinsi Lampung pada Kamis 15 Juni 2023) lalu, yang mendesak pihak BPN untuk segera melakukan pengukuran ulangnya terhadap ratusan hektare lahan HGU kebun karet yang telah puluhan tahun dikuasai dan dikelola PTPN 7 yang diduga tanpa bukti alas hak kepemilikan lahan yang sah berbuntut panjang.

Pasalnya, atas penolakan tersebut, sejumlah elemen masyarakat Gedong Tataan akan melakukan Unjuk Rasa (UNRAS) Jilid 2 ke Kantor ATR/ BPN Kabupaten Pesawaran, pada Senin tanggal 26 Juni 2023 mendatang.

Untuk merealisasikan rencana aksi tersebut, mewakili masyarakat Desa Taman Sari Kecamatan Gedong Tataan, melalui Ketua Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Sumara, telah menyampaikan surat pemberitahuan Aksi Damai jilid 2 itu ke Kantor Polres Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung yang ditembuskan ke Kapolda Lampung, Jum’at (23/06/2023).

“Benar, kami sudah sampaikan surat pemberitahuan ke Polres Pesawaran, untuk melakukan Aksi Damai ke Kantor ATR/BPN Pesawaran, pada Senin tanggal 26 Juni 2023 nanti”, terang Sumara.

“Ada sekitar lima ribu massa gabungan dari 19 desa yang ada di Kecamatan Gedongtataan, akan kami kerahkan untuk aksi Jilid 2 ini”, imbuhnya.

Untuk tuntutan dalam aksi nanti kata Sumara, tetap sama, yakni, mendesak kepada pihak BPN Pesawaran untuk secepatnya melakukan pengukuran ulang terhadap ratusan hektare lahan HGU tak bertuan itu yang dikuasai secara sepihak oleh PTPN 7 Way Berulu tersebut.

“Kami di aksi nanti, tetap menuntut BPN untuk mengukur ulang lahan HGU tak bertuan tersebut. Kalau jawabannya tidak ada kepastian. Kami dan masyarakat akan  langsung menduduki lahan bermasalah itu, sampai ada keputusan yang bisa diterima oleh masyarakat Gedongtataan, itu saja,” tegasnya.

Sedang terkait untuk rute yang akan dilalui massa aksi nanti sambungnya, direncanakan titik kumpul massa dilakukan di Desa Taman Sari Gedong Tataan. Sebelum ke kantor BPN Pesawaran, terlebih dulu massa akan di konsentrasikan dihalaman depan Kantor Bupati Pesawaran.

“Ya, rute kita nanti titik kumpul massa aksi jilid 2 ini tetap di Posko Rakyat di Desa Taman Sari Gedongtataan, selanjutnya menuju Kantor Bupati untuk konsentrasi, lalu Long March ke Kantor BPN Pesawaran. Baliknya nanti langsung ke lokasi lahan HGU PTPN 7 bermasalah untuk kita duduki.” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *