Masyarakat akan kembali ke aktivitas rutin mereka, termasuk bekerja

Masyarakat akan kembali ke aktivitas rutin mereka, termasuk bekerja

Tips218 Dilihat

 Libur Lebaran segera berakhir. Masyarakat akan kembali ke aktivitas rutin mereka, termasuk bekerja. Untuk itu, kondisi fisik perlu segera dipersiapkan.

Praktisi kesehatan masyarakat dr Ngabila Salama memberikan tip “CERDIK” agar tubuh tetap sehat setelah libur Lebaran. Pertama, C yaitu cek kesehatan rutin, termasuk tekanan darah dan kadar gula darah. Pastikan kondisi tubuh sehat, seperti tekanan darah < 140/90 (normal). Selain itu, kadar gula darah, kolesterol, lemak, asam urat juga perlu diperiksa.

Kedua, E yaitu enyahkan asap rokok karena bisa menurunkan imunitas.

“Jangan menjadi perokok aktif atau pasif, karena akan menurunkan imunitas, sehingga lebih mudah terkena batuk, pilek, hingga sesak nafas,” kata Ngabila Salama, Minggu (14/4/2024).

Ketiga, R yaitu rajin aktivitas fisik. Lakukan senam atau peregangan ringan di kantor 15-30 menit setiap pukul 10.00 dan 14.00, atau pastikan mencapai target 8.000-10.000 langkah per hari.

Keempat, D yaitu diet yang seimbang. Untuk mengurangi berat badan secara ideal dan cepat, terapkan intermittent fasting dengan puasa minimal 14-16 jam dalam 24 jam.

“Puasa intermittent dapat dilakukan sesuai jam yang dikehendaki, misalnya berpuasa mulai pukul 20.00 hingga 10.00 atau sampai 12.00. Selama 14-16 jam berpuasa hanya boleh minum yang tidak manis,” jelas Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari itu.

Kelima, I yaitu istirahat cukup dengan tidur di atas 7 jam per hari, atau maksimalkan power nap tidur 15-30 menit di jam istirahat kantor pada siang hari.

Power nap atau tidur sekitar 15–30 menit (tidak boleh lebih dari 30 menit) berkhasiat untuk menambah power atau energi, sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk hilang sementara dengan cepat,” ungkap Ngabila.

Keenam, K yaitu kelola stress. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental yang bisa memengaruhi kesehatan fisik.