Masyarakat Indonesia ikut menunggu hasil perolehan suara dari pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar

Masyarakat Indonesia ikut menunggu hasil perolehan suara dari pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar

Tips74 Dilihat

Masyarakat Indonesia ikut menunggu hasil perolehan suara dari pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar pada Rabu, (14/2/2024). Tak sedikit juga ikut gelisah hingga stres, apakah calon anggota legislatif (caleg) dan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) pilihannya bisa menang.

Kegelisahan tersebut tak dimungkiri akan menggangu kondisi kesehatan fisik dan mental, karena stres takut seseorang yang dijagokannya kalah dengan caleg atau capres dan cawapres lainnya.

Pakar psikologi sosial dari Universitas Indonesia Dicky C Pelupessy mengatakan, masyarakat dapat melakukan relaksasi stres agar tidak mengganggu kegiatan.

“Coba relaksasi stres dengan menarik napas, kemudian keluarkan, dan dilakukan berulang. Jangan dipikirkan hal-hal yang membuat jadi tidak enak dan mengganggu,” kata Dicky dikutip dari Antara, Sabtu (17/2/2024).

Selain itu, seseorang juga dapat melakukan relaksasi lain sesuai preferensi diri, seperti mendengarkan musik, relaksasi berkebun, relaksasi nonton film, nonton yang lucu-lucu relaksasi itu juga bisa dapat ketika kita beribadah.

Menurutnya, bagian yang terpenting adalah kembali untuk mengendalikan pikiran dari hal-hal yang membebankan agar hidup dapat berjalan dengan baik tanpa adanya beban berlebih.

“Pengendalian pikiran itu penting. Pikiran dikendalikan dengan baik, seperti jangan pikirkan menang atau kalahnya caleg yang kita pilih, kalau tidak menang ya sudah, itu adalah kompetisi dan tugas kita hanya memilih saja,” ujarnya.

Dalam menghadapi hasil pemilu, yang mungkin hasilnya tidak sesuai dengan harapan maka penting bagi masyarakat untuk mengenali dan mengelola stres yang mungkin timbul.