Matangkan Kecakapan Diakhir Pendidikan, 18 Taruna AAL Tingkat lV Lattek Magang Kapal Perang

oleh -228 views

 

Akademi Angkatan Laut (26/1). Dalam upaya mematangkan kecakapan diakhir pendidikan, 18 dari 101 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke 66 mendapat kesempatan melaksanakan Latihan Praktek Magang di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang berada dijajaran Komando Armada l Jakarta.

Bupati Pesawaran

Sebelum pelaksananan magang KRI, ke-18 Taruna didampingi Direktur Pendidikan AAL Kolonel Laut (P) Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si. dan Perwira Pelaksana Latihan, Mayor Laut (P) Pungki. K, M.Tr.Opsla melaksanakan Courtesy Call ke Pangkoarmada l yang diterima Kaskoarmada l, Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) di Mako Koarmada l, Jakarta kemarin.

Kaskoarmada l mengucapkan selamat datang di Markas Koarmada l dan selamat melaksanakan Lattek Magang KRI. Menurutnya, para taruna harus terus menyiapkan diri dalam menghadapi penugasan setelah lulus menjadi perwira nanti, salah satunya dengan melaksanakan latihan praktek di kapal perang.

Dalam lattek mangang kali ini lanjutnya, para taruna nantinya akan ditempatkan di dua KRI yang akan melaksanakan operasi pelayaran ke luar negeri, yaitu KRI Bung Tomo-357 yang akan melaksanakan Aman Exercise 21 di Pakistan dan KRI John Lee-358 yang akan muhibah/ port visit ke Brunei Darussalam.

Sementara itu Dirdirk AAL mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) mengucapkan terimakasih atas sambutan, penerimaan serta kesediaan Koarmada l dalam memfasilitasi Lattek Mangang KRI bagi paraTaruna AAL tingkat lV yang terdiri dari 9 Taruna Korps Pelaut dan masing-masing tiga Taruna Koprs Teknik, Elektronika dan Suplai ini.

Menurutnya, 18 taruna AAL dimagangkan di KRI Jajaran Koarmada l, sementara taruna Tingkat lV lainnya akan melaksanakan Lattek di KRI jajaran Koarmada ll, kecuali Taruna Korps Marinir yang akan melaksankan Lattek di Pasmar l Surabaya pada awal Februari 2021 mendatang.

728×90 Leaderbord

Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme perwira lulusannya kata Dirdik AAL, AAL harus memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada taruna/taruni sesuai dengan tuntutan penugasan awal di KRI/pendirat dan pasukan serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI/TNI AlL, salah satu upayanya dengan melaksanakan Lattek Magang KRI dan Lattek Pasukan.

Lattek Magang KRI lanjutnya, bertujuan untuk mempraktekkan pelajaran teori yang telah diterima di kelas, melaksanakan tugas sebagai Asisten Kepala Divisi di departemen KRI dalam mendukung kegiatan operasi KRI, sesuai dengan korps masing-masing, sedangkan Lattek Pasukan bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan Taruna Tingkat IV Korps Marinir agar dapat melaksanakan tugas-tugas sebagai komandan peleton senapan marinir dengan baik dan benar.

Kegiatan Lattek Magang KRI ini tambahnya, juga ditujukan agar para Taruna lebih familiar, lebih mengenal dan cakap dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Perwira Divisi di KRI serta tugas Keperwirajagaan.

Pada kesempatan Lattek Magang KRI kali ini juga akan diinisiasi pelaksanaan Sertifikasi Perwira Jaga Darat/Officer on the Deck Certificate untuk memberikan standarisasi yang sama tentang Keperwirajagaan dan manfaat yang lebih kepada Taruna itu sendiri serta Kotama sebagai user nantinya.