Mau tahu seperti apa ciri anak yang bahagia, ini dia ulasannya!

oleh -241 views

Semua orangtua memiliki pola asuh yang berbeda-beda untuk buah hatinya, karena setiap anak punya kebutuhan yang berbeda-beda pula. Tetapi, apakah Mom tahu kalau anak yang bahagia merupakan salah satu indikasi kalau orangtua sudah menerapkan pola asuh yang tepat dan berhasil.

Kebahagiaan anak-anak bukan dilihat dari seberapa banyak mereka tertawa namun ada tanda lainnya yang bisa kita secara langsung. Mau tahu seperti apa ciri anak yang bahagia, ini dia ulasannya!

1. Aktif dan lincah

Anak-anak yang aktif selalu ingin beraktivitas dan bersenang-senang. Sehingga, mereka mungkin akan susah disuruh tidur karena kelincahannya. Mereka juga selalu ingin mengikuti kegiatan yang dilakukan orang dewasa dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.

2. Ekspresif

Anak yang bahagia akan jujur dengan perasaannya, mereka bisa mengekspresikan apa yang dirasakan. Baik saat senang, sedih, kecewa dan sebagainya, semuanya akan diutarakan. Sebaliknya, anak yang kurang bahagia akan cenderung tertutup pada orang lain.

3. Terbuka pada orang lain

Berani terbuka pada orang lain juga menjadi salah satu tanda kalau anak bahagia dengan hidupnya. Mereka akan mengajak orang di sekitarnya untuk berbicara dan berbagi. Mereka tak akan merasa canggung menyampaikan pendapat, ketidaksetujuan maupun keinginannya. Karena mereka tahu cara mengekspresikan diri.

4. Jarang tantrum

Tantrum biasa terjadi pada anak, terutama di usia balita. Biasanya anak akan mengamuk saat keinginannya tidak terpenuhi atau merasa tak nyaman. Tetapi, kalau tantrum ini jarang terjadi pada si kecil, itu tandanya orangtua sudah menerapkan pola asuh yang baik sehingga anak menjadi bahagia.

5. Tidak merasa iri

Anak biasanya sering merasa iri pada temanya, mungkin karena mainannya lebih banyak, pakaiannya lebih bagus dan sebagainya. Tetapi, anak yang bahagia akan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, mereka tidak menuntut dan mengamuk agar orangtua membelikan mainan seperti yang dimiliki temannya. Sebab, mereka tahu apa yang mereka butuhkan untuk menjadi bahagia.

Selain ciri di atas, ada juga tanda lainnya dari anak yang bahagia, seperti mandiri, suka berbagi, tidak mencari perhatian, sopan dan ramah, perhatian pada lingkungan sekitarnya serta sehat secara fisik maupun mental.

No More Posts Available.

No more pages to load.