Mbah Mijan, tahun 2021 merupakan tahun Kolo Rawe atau tahun gatal sejumlah bencana dan musibah juga akan bakalan terjadi di muka bumi ini khususnya di wilayah Indonesia

oleh -1.467 views

Mengawali tahun 2021, seluruh masyarakat dunia berharap pandemi covid-19 akan segera berakhir dan masyarakat bisa kembali hidup normal.

Berdasarkan penarawangan ahli spritual Mbah Mijan, tahun 2021 merupakan tahun Kolo Rawe atau tahun gatal sejumlah bencana dan musibah juga akan bakalan terjadi di muka bumi ini khususnya di wilayah Indonesia.

“Tahun 2021 adalah tahun ‘Kolo Rawe atau Tahun Gatal. Tahun yang menyenangkan sekaligus menyedihkan. Siapapun yang kuat akan senang dan yang lemah akan sedih. Seperti semboyan leluhur Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Tuntas. Intinya, 2021 adalah tahun koreksi dan introspeksi,” ungkap Mbah Mijan dalam keterangannya, Sabtu (2/1/2020).

Ditambahkannya, tahun 2021 masih sangat mengkhawatirkan seperti tahun 2020. Menurutnya, air menjadi simbol bencana terkuat di tahun Kolo Rawe ini.

“Menurut saya, tahun 2021 akan diawali dengan banjir bandang yang merata di seluruh wilayah Indonesia terutama wilayah utara dan timur. Kemudian ada tanah longsor, jalan terbelah dan jembatan putus akan terjadi di wilayah selatan. Potensi tsunami masih menjadi ancaman di pertengahan tahun 2021. Gunung Meletus akan mengiringi dan gempa juga akan membayangi sepanjang tahun 2021. Tak hanya itu potensi pejabat korupsi juga pergantian Kapolri kan menjadi isu terhangat di tahun 2021,” lanjutnya.

Mbahk Mijan juga dalam kesempatan ini juga menyatakan bahwa kasus hukum dan kasus selebriti akan menjadi bahasan menarik di tahun 2021 mendatang.

“Dalam penarawangan saya, akan ada 17 artis ternama tutup usia. Nah pada 2021, dunia artis akan lebih bergairah. Dominan kabar baik ketimbang kabar buruk. Ada pula artis yang tanpa gosip tiba-tiba bercerai dan bikin heboh. Ada yang menikah di tahun 2020 tapi cerai di tahun 2021. Lalu banyak artis muda yang akan tertangkap karena narkoba. Mbah gelisah, akan ada juga artis muda, cantik, seksi terjerat kasus prostitusi online di tahun 2021. Hal itu yang harus membuat sejumlah artis harus waspada dan introspeksi diri di tahun 2021 ini,” tuturnya.

728×90 Leaderbord

Mengenai Covid-19, Mbah Mijan menilai virus ini masih jadi momok yang menakutkan. Banyak orang penting, artis maupun tokoh publik yang akan terpapar. Namun demikian masyarakat agak sedikit tenang lantaran datangnya vaksin Covid-19 yang dianggap akan membawa perubahan pada dunia yang baru.

“Mbah mengimbau agar masyarakat tetap tenang, patuhi protokol kesehatan, jaga imun tubuh dan jaga pikiran. Walau demikian, adaptasi manusia dengan virus corona jauh lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Waspada, berdoa, jemput bola adalah solusi terbaik untuk menghadapi tahun 2021. Apa yang terjadi pada semesta dan kehidupan manusia adalah takdir Allah semata. Jadilah manusia kuat yang selalu semangat, berpikir positif, agar bermanfaat bagi orang terdekat maupun orang lain,” pungkasnya.