Medali Olimpiade biasanya diberikan oleh anggota IOC

oleh -545 views

Banyak perubahan yang akan dilakukan pada perhelatan akbar Olimpiade Tokyo di masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah para atlet yang menjadi juara di Olimpiade Tokyo akan mengalungkan medali mereka di leher mereka sendiri untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengonfirmasi tidak akan ada jabat tangan dan tidak akan ada pelukan di sana selama upacara penyerahan medali.

Medali tidak akan diberikan di leher. Mereka akan disajikan kepada atlet di atas nampan dan kemudian atlet akan mengambil medali itu sendiri,” ujar Bach.

“Akan dipastikan bahwa orang yang akan meletakkan medali di nampan akan melakukannya hanya dengan sarung tangan yang didisinfeksi sehingga atlet dapat yakin bahwa tidak ada yang menyentuhnya sebelumnya,” tambah Bach.

Pendekatan Olimpiade berbeda dengan sepakbola di Eropa di mana presiden UEFA Aleksander Ceferin secara pribadi menggantungkan medali di leher para pemain di final kompetisi dalam beberapa pekan terakhir.

Ceferin juga berjabat tangan dengan kiper terkemuka Italia Gianluigi Donnarumma pada penyerahan medali dan trofi Euro 2020 di London, Minggu (12/7/2021) lalu.

Medali Olimpiade biasanya diberikan oleh anggota IOC atau pejabat terkemuka di badan pengatur olahraga. IOC sebelumnya mengatakan peraih medali dan pejabat upacara harus mengenakan masker.

Olimpiade Tokyo dibuka 23 Juli dalam keadaan darurat dan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di kota tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.