Melalui Musyawarah 27 punyimbang, Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang resmi Lantik dan kukuhkan ketua dan wakil.

oleh -131 Dilihat

Tanggamus – (BK). melalu hasil musyawarah 27 punyimbang, Kebandkhan Talang Padang marga Gunung Alip resmi melantik sekaligus kukuhkan ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang Marga Gunung Alip kabupaten Tanggamus, Acara di gelar di Gedung Aula pekon Talang Padang pada Minggu (27/3/22).

Acara pelantikan sendiri berlangsung meriah dengan adanya tatanan arak arakan kesenian Adat Lampung Yang disambut dengan pasukan penetop embokh serta pincak khakot yang diiringi dengan tarian pedang yang bertujuan untuk kelancaran jalannya kegiatan.

Hadir pada kegiatan pelantikan Camat Talang Padang Agustam Hamied, kepala Pekon Talang Padang Parizal Saleh, Kanit Reskrim Polsek Talang Padang IPDA Saprianto, Babinkamtibmas , Babinsa Sertu Nurmanto,Tokoh Adat Serta Perwakilan Muli Mekhanai Sebatin Kebandkhan Talang Padang makhga Gunung Alip.

Pada kesempatan itu camat Talang Padang Agustam Hamied mengatakan Bahwa Pemerintah kecamatan Talang Padang sangat mensuport kegiatan pelantikan sekaligus pengukuhan ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang dan Gunung Alip.

” Pada Hari ini yaitu pelantikan sekaligus pengukuhan ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang tentunya kami sebagai pemerintah kecamatan sangat mendukung dengan di Lantik nya ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang,” ujarnya

Ditambahkan Agustam, bahwa dirinya berharap dengan dilantiknya ketua dan wakil ketua Muli Mekhanai dapat membangkitkan kembali Adat Istiadat yang selama ini hampir punah, juga sekaligus pula dengan dilantiknya ketua Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang makhga Gunung Alip diharapkan bisa menjadi cikal-bakal sehingga dapat menghidupkan kembali semangat Anak – Anak muda yang sudah ada.

” Semoga dengan di kukuhkan nya ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang dapat menghidupkan kembali Adat Istiadat yang selama ini sudah hampir punah ” harap Agustam.

Ditempat yang sama, kepala pekon Talang Padang Parizal Saleh SE, Menuturkan bahwa ini adalah kegiatan Adat Lampung khusus nya pesisir Kebandkhan Talang Padang Makhga Gunung Alip, dimana sudah hampir sepuluh tahun pakum, dan hari ini melalui 27 punyimbang maka dipilih bujang enton dan Muli enton (Muli Mekhanai) yang harapannya dengan terpilihnya ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang Makhga Gunung Alip yang baru dapat Lebih aktip dan lebih dapat memajukan lagi aneka ragam adat istiadat khususnya Adat Istiadat Lampung pesisir Kebandkhan Talang Padang.

” Kegiatan ini adalah kegiatan Adat Lampung khusus nya Lampung Pesisir yang sudah hampir sepuluh tahun pakum, Alhamdulillah melalui 27 punyimbang dari dua kecamatan maka didapat Ketua dan wakil Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang, yang harapannya dapat memulihkan dan memajukan kembali Adat Istiadat Lampung khususnya Lampung pesisir ” tutup Parizal Saleh kepala pekon Talang Padang.

Dari hasil pelantikan dan pengukuhan Muli Mekhanai Kebandkhan Talang Padang hari ini sekaligus pemberian Gelar atau Adok : 1, kebandakhan : Tama Saputra dan Sifta Aina, 2, Tawok Bandakh ( wakil 1) : Rendi Tri Renaldi, Indri Putri Sia. 3, bangkok bandakh ( wakil 2) : Rifky Hidayat, Salsabila Sonia.

No More Posts Available.

No more pages to load.