Melansir dari laman parents.com, beberapa permainan tertentu dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak

Tips237 Dilihat

Demi meningkatkan kecerdasan otak anak, memberi asupan bernutrisi dan memberi anak vitamin saja tidaklah cukup Mom. Anak-anak terlebih mereka yang masih berusia balita, penting untuk mendapat stimulus tertentu untuk tingkatkan kecerdasannya. Salah satu stimulus yang bisa dilakukan orangtua adalah mengajak anak bermain pun beraktivitas.

Melansir dari laman parents.com, beberapa permainan tertentu dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Aneka permainan ini bisa merangsang tumbuh kembang anak dengan  lebih optimal. Penasaran apa saja permainannya?

Bermain Balok

Permainan pertama ada bermain balok. Permainan ini bisa merangsang kreativitas anak untuk menyusun balok. Balok yang berwarna-warni, beraneka ukuran dan berat, memungkinkan anak mengenal berbagai warna baru, ukuran dan beratnya. Ini bisa meningkatkan ide kreatif anak untuk menyusun balok menjadi susunan yang lebih indah, rapi dan terarah.

Permainan Memasak

Biasanya, permainan ini sangat disukai oleh anak-anak perempuan. Tapi, tidak apa jika Mom juga mengajak anak laki-laki Mom untuk melakukannya. Dalam permainan ini, anak bisa mengenal berbagai jenis sayur, buah dan makanan. Anak juga bisa mendapat pengetahuan baru seputar apa saja yang ia makan sehari-hari. Ketika anak bermain permainan ini dengan bahagia, ini bisa berdampak sangat baik buat kesehatan fisik pun psikisnya.

Bermain Pasir dan Air

Permainan pasir dan air bisa membantu anak belajar tentang tekstur, volume dan kepadatan. Para ahli menemukan jika permainan pasir dan air bisa meningkatkan kreativitas anak dengan sangat baik. Tapi ingat Mom, selalu dampingi anak saat bermain pasir dan air. Tanpa pengawasan orangtua, dikhawatirkan permainan ini bisa sangat berbahaya bagi anak.

Membaca Buku atau Cerita

Mom, jangan pernah malas untuk membacakan anak buku cerita. Membaca buku atau bercerita merupakan permainan seru yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Anak yang gemar dibacakan buku cerita, lebih mungkin memiliki daya ingat yang baik. Mereka akan bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih bijaksana pun fokus dalam mengerjakan berbagai hal. Studi menemukan jika membaca buku, adalah aktivitas terbaik untuk merangsang kecerdasan seseorang terutama anak-anak.

Petak Umpet

Permainan ini mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal ruang, memprediksi suatu hal dan memahami lokasi ia berada dengan lebih baik. Anak juga akan lebih fokus, teliti dan hati-hati.

Nah Mom, itulah sekian permainan seru yang bisa bantu meningkatkan kecerdasan anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan agar Mom dan suami menjadi orangtua yang dekat dengan anak dan tak malas bermain bersama dengan mereka. Kedekatan orangtua dengan anak, berperan penting terhadap kualitas pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *